SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers di DPP Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak para kader untuk sabar, ikhlas dan ‘move on’ setelah pihaknya menarik dukungan terhadap Anies Baswedan dan mengatakan tentang kemungkinan untuk mencari koalisi lain. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.

Solopos.com, JAKARTA — Survei terbaru Polling Institute menunjukkan publik ingin duet Prabowo Subianto-Erick Thohir, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan yang berlaga pada Pilpres 2024.

Menariknya, tidak ada nama Ketum PKB Muhaimin Iskandar dalam daftar hasil survei tersebut.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Seperti diketahui, Muhaimin Iskandar sudah resmi menjadi bakal cawapres Anies Baswedan.

Responden lebih menginginkan Anies berduet dengan AHY.

Survei Polling Institute ini menanyakan kepada responden siapa cawapres yang paling cocok untuk tiga kandidat capres yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies.

Hasilnya untuk Prabowo, nama Menteri BUMN, Erick Thohir (28,8 persen) menempati peringkat pertama, diikuti nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (17,3 persen), dan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9 persen suara.

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, mengatakan, publik melihat Erick Thohir cocok dengan Prabowo karena kinerjanya sebagai Ketum PSSI sangat bagus.

Sementara itu, untuk Ganjar, nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (31,7 persen) memperoleh suara terbanyak, diikuti nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (27,1 persen), sedangkan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9,5 persen suara.

Kennedy menjelaskan, publik merasa mantan Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil paling cocok dengan Ganjar karena kinerjanya bagus dan keduanya memiliki hubungan yang baik.

Adapun, untuk Anies Baswedan, nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY (32,4 persen) menjadi yang teratas, diikuti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (17,1 persen), lalu tokoh Nahdlatul Ulama Yenny Wahid (13,8 persen).

Kennedy mengaku tidak heran nama AHY unggul jauh dari nama lainnya untuk bursa cawapres Anies, sebab keduanya kerap bersama meski belakangan pecah kongsi.

Dalam survei, mereka juga menanyakan alasan mengapa responden memilih sosok itu.

“Kalau menurut persepsi publik, AHY paling pas chemistry-nya dengan Anies. Saya interpretasikan sebagai chemistry-nya, ini sudah pas gitu, sama-sama mengusung agenda perubahan” jelas Kennedy saat memaparkan hasil survei secara daring, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Senin (11/9/2023).

Survei Polling Institute ini diselenggarakan pada 21–25 Agustus 2023 dengan jumlah 1201 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wawancara responden dilakukan lewat telepon dan dipilih menggunakan pembangkitan nomor telepon secara acak, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Survei: Publik Ingin Duet Prabowo-Erick Thohir, Ganjar-Ridwan Kamil, Anies-AHY”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya