SOLOPOS.COM - Anies Baswedan (kiri) dan bakal calon wakil presiden Abdul Muhaimin Iskandar (kanan) di halaman Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023). (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Solopos.com, JAKARTA —  Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mendatangi Kantor DPP PKB di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023), untuk melakukan rapat pemenangan bareng Muhaimin Iskandar.

Rapat pemenangan ini merupakan acara internal PKB sehingga PKS dan Partai Nasdem tidak diundang.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Anies tiba pukul 14.36 WIB, mengenakan kemeja batik berwarna hijau.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu disambut Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Anies dan Cak Imin melempar senyum serta melambaikan tangan kepada awak media.

Keduanya sempat berfoto bersama sebelum masuk ke dalam Kantor DPP PKB.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PKB M. Hasanuddin Wahid menjelaskan kunjungan Anies untuk rapat pemenangan bersama pengurus DPP PKB.

“Kunjungan bacapres Anies Baswedan dan rapat pemenangan bersama pengurus DPP PKB,” kata Wahid dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Minggu (10/9/2023).

Ketua DPP PKB Lukmanul Hakim mengatakan rapat pemenangan tersebut merupakan agenda internal DPP PKB.

Oleh karena itu, partai politik lain yang tergabung dalam koalisi pendukung bakal capres-cawapres Anies-Muhaimin (AMIN) tidak diundang.

“Ini acara internal PKB dengan (bakal) capres dan cawapres,” kata Lukmanul dihubungi via pesan singkat dari Jakarta, Senin.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Mahfud Ketemu Ganjar

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md. bertemu dengan bakal calon wakil presiden PDIP, Ganjar Pranowo belum lama ini.

Mahfud mengatakan tidak ada pembicaraan tentang cawapres dalam pertemuannya dengan Ganjar Pranowo.

“Ndak, ndak (tidak ada pembicaraan mengenai cawapres). Kami tahu bahwa keputusan itu ada di pimpinan partai dan pimpinan partai sudah punya pertimbangan-pertimbangan dan ukuran-ukuran sendiri. Oleh sebab itu, kami enggak bicara soal capres-cawapres,” jelas Mahfud seusai menghadiri rapat terbatas penanganan narkoba yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Di akun media sosial Instagram @ganjar_pranowo, Ganjar mengunggah foto pertemuannya dengan Mahfud Md.

Dalam kolom komen foto yang diunggah pada Minggu (10/9/2023) tersebut, sebagian warganet mengaitkan bahwa Mahfud akan menjadi pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

“Pertemuan dengan Pak Ganjar itu, ya, apa, ya, ngobrol-ngobrol ringan saja. Bicara soal, dia kan teman (saya), ya, dulu kan waktu di DPR itu, kami sering berdiskusi tentang pemberantasan korupsi, nostalgia sajalah, makan-makan, cuma begitu saja,” lanjut Mahfud.

Mahfud menjelaskan pertemuan dengan Ganjar itu terjadi di suatu tempat.

Ia tidak menjelaskan di mana lokasi pertemuan dengan mantan Gubernur Jateng dua periode itu.

Dia menegaskan bakal calon pendamping Ganjar untuk Pilpres 2024 akan ditentukan oleh koalisi partai politik yang dipimpin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya