SOLOPOS.COM - Capres-Cawapres no urut 1 Anies Baswedan (kanan) dan Muhaimin Iskandar (kedua kanan), Capres-Cawapres no urut 2 Prabowo Subianto (ketiga kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri), Capres-Cawapres no urut 3 Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan Mahfud MD (kiri) berfoto bersama usai menandatangani deklarasi kampanye damai dalam Pemilu 2024 saat Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Rakor tersebut bertema Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Lingkar Survei Nusantara (LSN) merilis hasil survei terkini yang menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih mengungguli pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Dalam pemaparan secara daring di Jakarta, Direktur Eksekutif LSN, Gema Nusantara Bakry, menjelaskan pasangan calon Prabowo-Gibran memperoleh elektabilitas sebesar 49,5%. Sementara pasangan calon Anies-Muhaimin memperoleh elektabilitas sebesar 24,3%, disusul Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 20,5%.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Jika pada survei LSN November 2023, Prabowo-Gibran mengalami peningkatan elektabilitas sekitar 7,4%. Ganjar-Mahfud masih 28,8% dan berada di posisi kedua, kini tinggal 20,5% alias anjlok sebesar 8,3% hanya dalam waktu sebulan,” ungkap Gema sebagaimana dilansir Antara, Kamis (5/1/2024).

Dia menjelaskan temuan lain dalam survei itu, di mana bagian terbesar pemilih Prabowo-Gibran atau 35,7% responden beralasan bahwa pasangan tersebut dapat menjamin keberlanjutan program-program strategis Presiden Jokowi.

Kemudian, 18,9% merupakan pasangan ideal, karena merupakan kombinasi tokoh tua dan muda serta latar belakang TNI dan sipil. Selanjutnya 12,2% memilih karena melihat kinerja Prabowo yang sangat baik sebagai Menteri Pertahanan RI dan Gibran yang juga berkinerja baik sebagai Wali Kota Solo.

Survei LSN dilaksanakan pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 1.420 orang. Metode yang digunakan ialah multistage random sampling dengan tingkat margin of error lebih kurang 2,6% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya