SOLOPOS.COM - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, sebanyak 15 mahasiswa UKSW Salatiga menggelar aksi sosial kerja bakti bersih-bersih rumah ibadah di Masjid Al-Hidayah Desa Polobogo, Kecamatan Getasan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, sebanyak 15 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana atau disingkat UKSW Salatiga menggelar aksi sosial kerja bakti cleaning up atau bersih-bersih rumah ibadah di Masjid Al-Hidayah Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, baru-baru ini.

Ke-15 mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat UKSW. Kerja bakti ini juga dilakukan bersama 10 remaja karang taruna Desa Polobogo dan 1 pengurus takmir masjid. Kegiatan cleaning up meliputi semua area Masjid Al-Hidayah dan merapikan sejumlah karpet di desa tersebut.

Saat diwawancarai secara daring, Selasa (9/4/2024) ketua kegiatan Renaldy Baptista Rahadian menyampaikan bahwa cleaning up rumah ibadah ini merupakan bukti terwujudnya nilai-nilai toleransi.

“Saya sangat bangga karena melalui kegiatan ini GenBI UKSW ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih di desa binaan pada Masjid Al-Hidayah Desa Polobogo,” kata mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) ini.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih masjid oleh mahasiswa GenBI UKSW ini dapat membantu serta meningkatkan kepedulian dan rasa sosial antar umat beragama sehingga tercipta masyarakat yang peduli terhadap sesama. Lebih lanjut disampaikannya, melalui cleaning up ini memberikan kontribusi yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat di Desa Polobogo.

“Saya berharap acara ini membantu dan meningkatkan partisipasi warga desa untuk peduli lingkungan sekitar supaya tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman,” ujarnya.

Mendapat apresiasi positif

Renaldy Baptista menerangkan bahwa mahasiswa GenBI UKSW tak hanya melakukan kegiatan cleaning up masjid, tetapi juga menyumbangkan satu benih pohon yang ditanam di area Masjid Al-Hidayah tersebut. “Kami tidak hanya melakukan bersih-bersih saja, namun memberikan satu pohon dengan harapan berguna untuk pelestarian lingkungan di sekitar masjid,” terangnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari warga Desa Polobogo. Koordinator karang taruna Desa Polobogo Apri mengungkapkan rasa terima kasihnya karena GenBI UKSW telah membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan rumah ibadah. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi keterlibatan GenBI UKSW dalam kegiatan di desa kami,” ungkapnya.

Tak hanya kerja bakti bersih-bersih rumah ibadah, mahasiswa GenBI UKSW juga melakukan serangkaian aksi sosial lainnya yang akan diselenggarakan di Desa Polobogo antara lain Eco Green di Balai Desa Polobogo, GenBI Mengajar, Pelatihan Tari dan Pidato di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Polobogo. Kegiatan lainnya, Sehat Desa Binaan (Donor Darah) dan closing Desa Binaan di Balai Desa Polobogo.

Rekomendasi
Berita Lainnya