SOLOPOS.COM - Dalam semangat peringatan Paskah yang penuh sukacita, UKSW Salatiga menggelar serangkaian acara istimewa untuk merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Dalam semangat peringatan Paskah yang penuh sukacita, UKSW Salatiga menggelar serangkaian acara istimewa untuk merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Sebagai puncak rangkaian kegiatan Paskah, digelar Ibadah dan Ria Paskah menghadirkan momen berharga yang memperkuat iman dan membangun komunitas, Senin (1/4/2024) di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Memasuki ruang Ibadah, civitas academica diajak menghayati pengorbanan Tuhan Yesus melalui dekorasi dengan bentuk replika Tuhan Yesus yang memikul salib. Selain itu, dekorasi indah dari hasil lomba menghias kayu salib turut memenuhi ruangan yang dibuat menyerupai gua tersebut. Lantunan pujian-pujian yang menggema dalam ibadah mengungkapkan syukur atas kebangkitan-Nya.

Salah satu momen puncak dalam peringatan Paskah di UKSW tersebut adalah pemberitaan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Prasetyawan Koesworo, M.Si. Pemberitaan Firman diselingi drama yang disuguhkan oleh civitas academica juga menjadi momentum untuk merefleksikan kasih dan pengorbanan Tuhan secara mendalam.

Mengangkat tema Aku Yakin: Penebusku Hidup! dengan Ayat Alkitab dari Ayub 19:25 menegaskan keyakinan akan kebangkitan Tuhan sebagai penebus hidup. Firman Tuhan hendak mengajak civitas academica untuk menghayati kebangkitan Tuhan sebagai inti dari iman Kristen. Pdt. Prasetyawan Koesworo juga mengajak civitas academica untuk tidak takut karena Tuhan telah bangkit.

“Kebangkitan Yesus Kristus merupakan tiang dalam sebuah bangunan. Kalau tiang ini roboh, roboh semua bangunan. Paskah mengingatkan kita bahwa Tuhan ada dan dekat dengan saudara dan saya. Ia ada dan menguatkan kita dalam hidup,” imbuh Pdt. Prasetyawan Koesworo.

Dalam sambutannya, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., turut mengungkapkan rasa syukur karena rangkaian kegiatan Paskah telah berjalan lancar. Rektor Intiyas juga mengapresiasi partisipasi civitas academica dalam berbagai kegiatan rangkaian paskah seperti aksi sosial lumbung sembako, lumbung kertas, donor darah, serta berbagai kegiatan perlombaan.

Dari aksi sosial yang telah dilakukan, lebih dari 480 kg beras dan paket sembako lain seperti minyak goreng, mie instan, teh, makanan ringan serta perlengkapan kebersihan dibagikan kepada lima panti asuhan pada Rabu (27/3/2024) lalu. Lima Panti Asuhan tersebut adalah Panti Asuhan Wreda Merbabu, Panti Asuhan Bhakti Luhur, Panti Asuhan Sumber Kasih, Panti Asuhan Yakobus, dan Panti Asuhan Dharma Bakti. Selain itu, 43 kantong darah berhasil dikumpulkan melalui kegiatan donor darah pada Senin (25/3/2024) atas kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Tak lupa, Rektor Intiyas juga mengajak seluruh civitas academica untuk menghayati penebusan Yesus Kristus dengan saling menjaga, berbuat baik, dan menghormati satu sama lain. “Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi ini, terus jaga integritas dan tanggung jawab dalam memanfaatkan kemerdekaan yang diberikan oleh Tuhan,” tandasnya.

Dorong Sinergi

Seusai ibadah, perayaan peringatan  Paskah UKSW menjadi panggung bagi beragam persembahan penampilan seni yang memukau. Suara indah Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) dan solo vocal, penampilan Flag Dance dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Kristen Satya Wacana, Modern Dance dari Sekolah Dasar (SD) Kristen Satya Wacana menjadi bagian dari Ria Paskah.

peringatan paskah UKSW
Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor UKSW Intiyas dan Ketua Sinode GKJTU Pdt. Akris Mujiyono, M.Si. (Istimewa)

Setiap penampilan memancarkan keindahan dan kedalaman makna Paskah yang disambut dengan sorak sorai dan tepuk tangan hangat. Pemutaran video mengenai rangkaian Paskah yang tersaji juga menjadi bagian dari peringatan Paskah.

Dalam kesempatan ini, sebagai bentuk kerja sama UKSW dengan salah satu gereja pendukung yaitu Gereja Kristen Jawa Tengah Utara (GKJTU) menandatangani Nota Kesepahaman. Nota Kesepahaman ditandatangani secara langsung oleh Rektor Intiyas dan Ketua Sinode GKJTU Pdt. Akris Mujiyono, M.Si.

Maksud dan tujuan Nota Kesepahaman meliputi komitmen bersama untuk kerja sama dalam pengembangan sumber daya kampus melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, juga mendorong sinergi antara UKSW dan GKJTU.

Selain penandatangan Nota Kesepahaman, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Teologi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fisikom) dengan GKJTU. Lingkup kerja sama dengan dua fakultas tersebut meliputi penyelenggaraan kuliah tamu dan atau seminar, magang atau praktek lapangan, penelitian, serta penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.

Paskah Award

Mendekati akhir acara, pengumuman award bagi pemenang berbagai lomba yang menjadi rangkaian peringatan Paskah di UKSW turut menambah semarak acara.

Lomba Dekorasi Paskah dengan tema Bukit Golgota dimenangkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Tema Makam Yesus dimenangkan oleh Perpustakaan O. Notohamidjojo, tema Perjamuan Terakhir dimenangkan oleh Fakultas Teologi. Kemudian Lomba Video Pesan Paskah dimenangkan oleh Dream Team sebagai Juara 1, Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) sebagai Juara 2, dan TKK Satya Wacana sebagai Juara III.

Sementara itu, Lomba Hias Salib dari TKK Satya Wacana dimenangkan oleh Shanessa Iriana Martono, Aerilyn Alexandra Oruh, Gamaliel Gary Murdoko. Dari Kelas 1 dimenangkan oleh Joshua Avandrey Hutagalung, Maria Iustitia Anandyani, Dan Ernest Shalomika Alexio. Sementara itu, dari Kelas 2 dimenangkan oleh Kienan Kahiyang Nugroho, Tobias Kurniawan Adisatria Moelyono, Gisel Bian Aylakiva. Datang dari Kelas 3 yang dimenangkan oleh Immanuel Dhiki Fajar Pamula, Junien Antonie Sean, Samuel Sahertian, Matthew Dirgantara Putra Fidero. Kemudian, lomba menghias Salib SMPK Satya Wacana dimenangkan oleh tim Koinonia, dan tim SMA Kr Satya Wacana memenangkan Lomba Hias Salib kategori SMA.

Dengan penuh sukacita dan kebahagiaan, peringatan Paskah di UKSW tahun ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kebangkitan Tuhan Yesus, tetapi juga mempererat spiritual dan sosial civitas academica, serta mengokohkan komitmen untuk melakukan perintah Tuhan dalam kehidupan.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya