SOLOPOS.COM - Salah satu siswa SMP Kristen Satya Wacana, Amazia Talenta Pinasti, berhasil meraih juara dalam kompetisi piano tingkat nasional. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA-Siswa SMP Kristen Satya Wacana, Amazia Talenta Pinasti, terus bersinar dalam dunia musik dengan memenangi kompetisi piano tingkat nasional. Lagu berjudul Sonatine Op. 55 No.3 karya Friedrich Kuhlau mengantarkan siswa kelas IX ini meraih Second Winner in Intermediate Category pada La Pianista Piano Competition 2024 di Aston Inn Pandanaran Semarang, belum lama ini.

Pianis muda asal Salatiga ini mengaku senang dan bangga atas capaian yang ia raih. Amazia menuturkan bahwa melalui lomba ini dapat mengasah kemampuan dan keterampilannya dalam bermain piano. “Saya senang karena usaha yang saya lakukan membuahkan hasil yang baik dan memuaskan,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai persiapan yang dilakukan, pemilik hobi menyanyi ini menceritakan bahwa dirinya telah berlatih sebulan sebelum perlombaan. “Untuk mengikuti kompetisi ini saya berlatih dua jam setiap harinya,” beber Amazia.

Berkompetisi di kancah nasional, bukanlah hal yang asing bagi salah satu siswi SMP Kristen Satya Wacana ini. Sejak usianya 8 tahun, ia telah memainkan piano klasik dan mengukir berbagai prestasi. Adapun prestasi tersebut diantaranya meraih Juara 1 Intermediate Category pada La Pianista Piano Competition 2023 dan Juara I pada ajang Indonesia National Piano Festival.

“Saya ingin meraih banyak prestasi dalam berbagai kompetisi piano. Saya akan terus meningkatkan skill dengan berlatih setiap hari dan saya harap bakat ini terus berkembang,” kata putri sulung dari pasangan Leo Agung Rupiyono dan Penta Karuni Hapsari ini.

Meraih prestasi

Tak berhenti di situ, prestasi bidang akademik pun terus diukirnya di antaranya Juara I ajang Kompetisi Sains Indonesia 2023 bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). “Saya selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal, tidak hanya meraih prestasi pada lomba piano tetapi juga prestasi akademik saya,” pungkasnya.

Tak hanya Amazia, prestasi lainnya juga ditorehkan oleh siswa-siswa SMP Kristen Satya Wacana. Mereka adalah Immanuel Gavin Alvaro meraih Juara 3 Lempar Cakram Kategori Putra pada Kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SMP tingkat Kota Salatiga dan Christandika Selvano Juara 3 Panahan Kategori Putra Kejuaraan POPDA SMP tingkat Kota Salatiga.

Kebanggaan atas pencapaian prestasi tersebut diapresiasi positif oleh pimpinan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Seusai ibadah Senin baru-baru ini, Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., mengumumkan prestasi siswa SMP Kristen Satya Wacana di hadapan seluruh civitas academica UKSW.

Saat diwawancarai Rabu (20/3/2024),  Kepala  SMP Kristen Satya Wacana Patrick Michael Rahardja, S.Si. juga menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh siswanya. “Jadikan prestasi yang sudah diraih menjadi pemacu semangat untuk mengejar mimpi dan kebahagiaan,” ungkapnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya