SOLOPOS.COM - Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, membantah pernyataan Partai Demokrat bahwa tidak terpilihnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres adalah suatu pengkhianatan.

Dia mengingatkan Anies bukanlah pengurus partai politik sehingga tidak punya kekuasaan lebih dalam memutuskan cawapres pendampingnya.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Sudirman Said mengapresiasi sikap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang menyatakan sudah move on setelah tidak dipilih menjadi cawapres Anies Baswedan.

“Keduanya [Anies dan AHY] memiliki keterbatasan dalam mewujudkannya [duet sebagai capres-cawapres]. Terlebih Mas Anies yang bukan pengurus atau kader partai tertentu sehingga tidak punya daya paksa untuk memutuskan apa yang sudah menjadi pilihannya,” jelas Sudirman dalam keterangannya, Senin (4/9/2023).

Dia meyakini, komitmen kerja sama antara Anies dan AHY hanya belum bertemu momentum.

Padahal, dia melihat kedua tokoh itu merupakan sangat layak jadi pemimpin masa depan Indonesia.

“Mas AHY dan Mas Anies Baswedan adalah generasi baru Pemimpin Indonesia yang cerdas, santun, visioner, dan tetap menjunjung etika dan integritas,” ungkapnya.

Sudirman berpendapat, pernyataan AHY yang sudah memaafkan Anies menunjukkan kedewasaannya dalam berpolitik.

Dia pun berharap yang terbaik untuk AHY dan Demokrat ke depannya.

Bahkan, mantan Menteri ESDM ini masih buka kemungkinan Anies dan AHY menjalin kerja sama dalam ajang Pemilu 2024.

Meski demikian, dia tak menerangkan secara detail bentuk kerja sama yang dimaksud.

“Bilapun karena satu dan lain hal, takdir tetap membawa keduanya untuk tetap bekerja sama dalam Pemilu 2024, jalan masih terbuka lebar,” tutup Sudirman.

Sebelumnya, AHY mengaku Demokrat sudah move on seusai Anies Baswedan memutuskan memilih Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapresnya di Pilpres 2024.

AHY pun mengucapkan selamat kepada Anies dan sang Ketua Umum PKB yang resmi mendeklarasikan diri sebagai bacapres dan bacawapres 2024.

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Muhaimin Iskandar yang baru saja mendeklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024 ke depan. Semoga sukses,” ujar AHY dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sudirman Said Ungkap Alasan Duet Anies-AHY Tak Bisa Dipaksakan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya