SOLOPOS.COM - Foto bersama dalam kegiatan Alphacamp PGI di Ruang F114, Rabu (26/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dengan bangga menjadi tuan rumah dari salah satu rangkaian kegiatan Kemah Remaja Alpha Camp Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) 2024, Selasa (25/06/2024). Kegiatan tahunan berskala nasional tersebut diikuti 144 peserta yang berasal dari 20 sinode gereja di Indonesia.

Mereka berkesempatan belajar bersama para narasumber dari UKSW, sekaligus mengenal lebih dekat Kampus Indonesia Mini.

Seksi Acara Kemah Remaja Alpha Camp PGI 2024, Eunike Trikayasuddhi, S.Si., mengatakan kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk memberi perhatian khusus pada pengembangan diri anak muda, khususnya generasi alpha. Tidak sebatas generasi, makna kata Alpha sendiri ia sampaikan, merupakan singkatan dari tema besar kegiatan yaitu Attentive, Lively, Powerful, Harmonious, dan Authentic.

“Nilai-nilai Alpha itu yang ingin kami kenalkan kepada peserta lewat UKSW. Apa saja yang telah dikerjakan di UKSW, itu yang ingin kami pelajari lewat figur para dosen serta kontribusinya. Terutama setelah melihat bagaimana UKSW merupakan kampus yang besar dan sangat berdampak untuk Salatiga,” terangnya saat ditemui di sela acara.

Tidak hanya sebagai tuan rumah, sejumlah dosen di UKSW dan Kepala Campus Ministry berkesempatan berbagi pengetahuan kepada peserta. Seperti, dosen Fakultas Teologi (FTeol) Pdt. Gunawan Yuli Agung Suprabowo, D.Th., yang membawakan materi bertema pendampingan remaja di era digital.

Lainnya, dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Dewita Karema Sarajar, M.Psi., Psikolog., dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) Sampoerno, S.Pd., M.Si., memaparkan dengan antusias materi potensi diri dan disiplin positif remaja. Selain itu, juga hadir Guru Besar asal Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Prof. Hindriyanto Dwi Purnomo, S.T., M.IT., Ph.D., yang membawakan materi menarik berjudul “Bermain Asyik dengan AI”.

Adapun narasumber lainnya, Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, M.Th., dan representasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Melkianus Kebos, SSTP., MT., memaparkan  materi yang mengawali rangkaian 6 sesi kegiatan di Ruang F114 dan ruang kelas tematik “Ruang UKSW Satu Hati”.

Setiap sesinya berlangsung interaktif dan seru, bertujuan membawa nilai-nilai yang memupuk solidaritas, kepemimpinan, wawasan oikumene dan kebangsaan, serta keterampilan kreatif dan inovatif segenap peserta.

Generasi Emas

Pendamping kegiatan dari UKSW sekaligus Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) Giner Maslebu, S.Si., S.Pd., M.Si., menyebutkan Kemah Remaja Alpha Camp PGI 2024 sebagai program yang pelaksanaannya selaras dengan visi kampus, yaitu mempersiapkan pemimpin-pemimpin bagi gereja dan masyarakat di masa depan. UKSW sendiri, ia gambarkan, sebagai potret Indonesia dan potret ekumenisme gereja yang menjadikannya semakin cocok sebagai lokasi belajar kegiatan.

“Sejak berdiri tahun 1956, UKSW adalah kampus kristen oikoumene nasionalis. Oikumene nasionalis itu menjadi gambaran ideal realitas kehidupan dalam bergereja dan bermasyarakat. Ketika anak-anak remaja ini datang ke sini, mereka datang di tempat yang tepat,” ungkapnya.

Giner Maslebu mengaku senang dapat menjadikan UKSW sebagai tuan rumah untuk kegiatan bergengsi ini. Lebih lanjut, ia berharap rangkaian sesi dapat memberikan manfaat dan wawasan peserta, serta penguatan kerja sama dengan berbagai sinode gereja.

Tidak ketinggalan, ia menyampaikan harapan akan munculnya inspirasi bagi para peserta remaja untuk berkuliah di UKSW, salah satunya melalui sesi campus tour di tengah-tengah rangkaian kegiatan tadi.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., turut memberikan sambutan hangatnya saat para peserta tiba di Kota Salatiga, Selasa (25/06/2024) malam, di Pendopo Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Salatiga.

“Kiranya kegiatan ini bisa menginspirasi anak-anak muda yang lain karena saya yakin generasi emas bisa terbentuk tidak hanya karena kompetensi yang dimiliki. Namun, juga dengan jiwa dan hati yang penuh dengan kasih dan kemaknaan bahwa hidup kita adalah untuk melayani,” ucapnya dalam penyambutan kemarin yang turut dihadiri Ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit, M.Si., Ketua Panitia Sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ) Pdt. Erni Ratya Yunita, Kepala Biro Pemuda Remaja PGI Pdm. Rosiana Purnomo, dan Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom, M.Th.

Menunjukkan dukungan penuh, Rektor Intiyas juga berkesempatan menyapa ratusan peserta pada pembukaan kegiatan di UKSW dalam atmosfer kebersamaan yang hangat dan bersahabat.

Selanjutnya, Kemah Remaja Alpha Camp PGI 2024 masih akan berlanjut hingga Jumat (28/06/2024). Pada hari terakhir ini, rangkaian kegiatan penutup akan kembali terselenggara di UKSW meliputi Kelas Minat dan Bakat, penampilan Talent Show, serta Ibadah Penutupan sebagai puncak.

Rekomendasi
Berita Lainnya