News
Sabtu, 9 Maret 2024 - 16:45 WIB

Wisuda ITS PKU Muhammadiyah Solo, Sebagian Besar Lulusan Sudah Bekerja

Dhima Wahyu Sejati  /  Kaled Hasby Ashshidiqy  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebanyak 244 lulusan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengikuti prosesi wisuda ke-32 di Alila Hotel Solo, Sabtu (9/3/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar lulusan Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS PKU) Muhammadiyah Solo yang mengikuti prosesi wisuda ke-32 di Alila Hotel Solo, Sabtu (9/3/2024) sudah mendapatkan pekerjaan.

Hal itu disampaikan oleh Rektor ITS PKU Muhammadiyah Solo, Weni Hastuti, dalam sambutannya. Dia mengatakan sebagian besar wisudawan sedang dalam tugas belajar atau izin belajar dari institusi tempatnya bekerja.

Advertisement

Institusi tempat para wisudawan bekerja itu juga merupakan mitra ITS PKU Muhammadiyah Solo yang tersebar di Soloraya. Beberapa di antaranya seperti rumah sakit (RS) milik Muhammadiyah seperti RS PKU Aisyiyah Boyolali dan RS PKU Muhammadiyah yang berada di Solo, Sukoharjo, Selogiri, Delanggu, Sragen, Temanggung, Karanganyar, dan Pedan. 

Selain milik Muhammadiyah, juga ada yang bekerja di rumah sakit lain di Soloraya seperti RS Kasih Ibu, RS Panti Waluyo, RSUI Kustati, RS JIH Solo, RSKO Karima Utama, RS Nirmala Suri Sukoharjo, RSI Amal Sehat Sragen, RSUI Banyu Bening, RS Hermina, RSUD Bung Karno, dan RS Dr. Oen Kandang Sapi,

Advertisement

Selain milik Muhammadiyah, juga ada yang bekerja di rumah sakit lain di Soloraya seperti RS Kasih Ibu, RS Panti Waluyo, RSUI Kustati, RS JIH Solo, RSKO Karima Utama, RS Nirmala Suri Sukoharjo, RSI Amal Sehat Sragen, RSUI Banyu Bening, RS Hermina, RSUD Bung Karno, dan RS Dr. Oen Kandang Sapi,

Lalu ada pula para wisudawan yang bekerja di RS daerah lain seperti RSUD Kudungga Kutai Kalimantan Timur, RS Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, RSUD Margono Soekarjo Banyumas.

Termasuk beberapa juga bekerja di instansi kesehatan lain seperti klinik Kimia Farma, Puskesmas Polokarto, dan beberapa perusahaan alat kesehatan.

Advertisement

Weni melanjutkan seluruh Program Studi (Prodi) sudah terakreditasi Baik Sekali, B, dan Baik  dari Lembaga Akreditasi Mandiri. ITS PKU Muhammadiyah Solo juga meraih peringkat 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) Jawa Tengah versi Webometrics 2024.

Tidak hanya itu, juga terdapat prestasi di level internasional seperti juara III International Competition on Health and Student Exchange by Theme “Health System Transformation to Support Global health Security”. Lalu Juara II international essay and education video on The 2nd Borneo Global Summer Camp.

“Semua pencapaian ini patut kita syukuri bersama dan semoga menginspirasi mahasiswa-mahasiswa dan dosen lainnya untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi,” kata dia.

Advertisement

Weni juga menargetkan pada 2024 ITS PKU Muhammadiyah bertransformasi menjadi Universitas Muhammadiyah PKU Solo (UM PKU). Guna mewujudkan hal tersebut pihaknya akan menambah Fakultas Sosial dan Humaniora dengan Prodi S1 Psikologi, S1 Hukum, dan S1 Manajemen.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) ITS PKU Muhammadiyah, Sofyan Anif, dalam kesempatan yang sama mengatakan rencana transformasi tersebut sudah diusulkan ke lembaga terkait.

“Mudah-mudah tahun depan kalau wisuda lagi sudah memakai nama Universitas Ahmad Dahlan Surakarta. Kita mengusulkan ke direktur kelembagaan dan kemarin sudah presentasi dan diberikan masukan,” kata dia dalam sambutan.

Advertisement

Sementara itu, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kota Solo, Anwar Sholeh pada kesempatan itu juga menyampaikan pesan kepada para wisudawan. Dia berharap para lulusan mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang sudah didapatkan. 

“Setelah lulus kami sangat berharap bisa menjadi kader yang andal. Mudah-mudahan nantinya bisa mengembangkan ilmunya kemudian menjadi insan yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif