SOLOPOS.COM - Baliho Kaesang Pangarep yang viral di media sosial. (Istimewa/Twitter X)

Solopos.com, SOLO — Media sosial kembali dihebohkan dengan viralnya ratusan baliho Kaesang Pangarep yang siap dipasang menjelang Pemilu 2024. 

Dari video yang beredar, baliho Kaesang itu masih dalam proses pembuatan. Terlihat dalam satu tumpukan, ada setidaknya 10 baliho. 

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Apabila dikalikan, ada lebih dari 10 tumpukan. Sehingga total baliho yang ada di video tersebut bisa mencapai ratusan. 

Video yang memperlihatkan ratusan baliho Kaesang siap dipasang ini dibagikan oleh akun Twitter @Pattiwest pada Jumat (10/11/2023). Ia pun mempertanyakan berapa kisaran anggaran yang dipakai untuk memasang baliho ini. 

“Ada yang bisa tafsir kisarannya berapa ini?! Partainya Pak Jokowi, anggarannya jumbo,” tulis akun tersebut. Bahkan akun Said Didu juga ikut mengomentari ratusan baliho Kaesang yang siap dipasang ini. 

Sebelumnya, permasalahan mengenai pemasangan baliho ini juga sempat menjadi trending topik di media sosial X (dulu Twitter).

Sebuah video TikTok menyoroti tindakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memasang baliho Kaesang Pangarep di setiap sudut kota. Akhirnya, seruan “kami muak” pun menjadi trending di platform X pada Senin (6/11/2023). 

“Kalau kami hitung-hitung dari ujung selatan sampai ujung utara Kabupaten Sibang, lebih dari 30 kecamatan yang ada. Setiap kecamatannya tidak kurang dari 50 baliho,” ucap narator dalam video TikTok yang viral tersebut. 

Narator tersebut kemudian menyoroti mengenai biaya produksi dan pemasangan baliho yang diprediksi mencapai Rp1 miliar. 

Di akhir video, ia pun mengatakan bahwa cara-cara lawas dengan menyebarkan baliho seperti yang dilakukan Kaesang memuakkan. 

“Baru 2 hari jadi ketua umum PSI sudah memakai cara-cara seperti ini. Kami muak,” pungkas sang narator. 

Kalimat “Kami Muak” di akhir video itu kemudian diviralkan oleh netizen yang mengaku berasal dari kaum milenial dan gen z. 

Anggaran baliho Kaesang Permasalahan pemasangan ratusan Baliho Kaesang ini turut membuat Rocky Gerung menyoroti hal ini. Ia ikut bicaara mengenai sumber dana di balik pemasangan baliho Kaesang Pangarep. 

“Apakah PSI punya dana sebesar itu, di mana dia (baliho dicetak) sehingga dalam 1 hari sudah ada 1,5 juta itu?,” tanya Rocky seperti dilansir dari video YouTubenya. 

Rocky kemudian menghitung berapa banyak uang yang dikeluarkan PSI hanya untuk membuat baliho Kaesang Pangarep. 

“Bahkan dikatakan di situ akan disebarkan di seluruh Indonesia, saya menghitung akan ada 10 juta baliho disebar. Di Indonesia ada 74 ribu lebih desa. 1 desa ada 20 (baliho). Jadi akan ada 1,5 juta baliho akan dipasang di desa-desa. Dari mana uangnya, kalau satu baliho Rp100 ribu?,” ujar Rocky. 

“Jadi Anda bayangkan, satu anggota keluarga difasilitasi sedemikain masif oleh kekuasaan, uang dan aparat. Saya bisa menduga itu dipasang polisi. Mana mungkin PSI sebanyak itu bisa pasang (baliho) se-Indonesia?,” imbuh Rocky.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Viral Ratusan Baliho Kaesang Siap Dipasang, Anggaran Fantastis Jadi Pertanyaan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya