SOLOPOS.COM - Anggota Bawaslu Kota Medan Azlansyah Hasibuan (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Seorang anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, Azlansyah Hasibuan diberhentikan sementara setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap seorang calon anggota legislatif (caleg).

Azlansyah terkena operasi tangkap tangan (OTT) aparat Polda Sumatra Utara, beberapa hari lalu.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Ia terancam dipecat dari posisinya sebagai anggota Bawaslu Medan dan menghuni penjara.

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) masih menunggu laporan dari Bawaslu.

“Bawaslu RI bisa melaporkan ke DKPP,” kata anggota DKPP Muhammad Tio Aliansyah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Dia menjelaskan jika memang ada dugaan keterlibatan anggota yang lain, Bawaslu dipersilakan melapor ke DKPP karena dalam Undang-Undang Pemilu, DKPP sifatnya pasif.

“Kami menunggu sikap Bawaslu, bagaimana sikap mereka terkait dugaan kasus itu,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia menjelaskan ketika adanya laporan, DKPP akan menilai kembali berdasarkan tahapan-tahapan dalam menindaklanjuti laporan, di antaranya melakukan verifikasi administrasi untuk memastikan memenuhi syarat atau tidak.

“Kemudian verifikasi materiil untuk memastikan ada persoalan substansi atau tidak,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia yang meminta Bawaslu bersikap tegas terkait kasus anggota Bawaslu Kota Medan yang terjaring OTT atas dugaan pemerasan terhadap caleg.

“Saya kira Bawaslu harus mengambil sikap tegas soal ini,” kata Doli.

Dia berpendapat langkah tegas itu menyangkut kasus rasuah perlu segera diambil agar tidak mengikis kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu maupun penyelenggaraan pemilu itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya