SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan format debat kedua Pilpres 2024 khusus calon wakil presiden (cawapres) akan tetap sama seperti sebelumnya. Debat kedua itu akan berlangsung pada Jumat (22/12/2023) malam.

Pada debat perdana khusus calon presiden (capres) pekan lalu, yang unjuk kemampuan merupakan capres. Artinya pada debat kedua khusus cawapres ini, yang akan tampil yaitu para cawapres.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Sementara itu durasi acara debat selama 150 menit, dibagi ke dalam enam segmen. Masing-masing segmen akan ada tiga pertanyaan yang ditanyakan ke capres.

“Formatnya sama persis, tidak ada perubahan sebagaimana yang terjadi di debat presiden pertama,” ungkap Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Hasyim mengakui ada beberapa catatan terkait waktu debat yang dirasa terlalu sedikit sehingga jawaban para peserta debat kurang mendalam. Meski demikian, di sisi lain, kesempatan capres-cawapres untuk saling sanggah juga lebih banyak sehingga diputuskan tetap dipertahankan.

“Karena kan cakupan tema yang diajukan itu lebih banyak ya, ada enam sub tema dari setiap kali penampilan,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, perubahan hanya pada panggung. Pada debat perdana, peserta debat tidak diberi podium; sementara pada debat kedua akan diberikan.

“Masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana begitu, untuk cawapres maupun capres nanti. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium,” ujar Hasyim.

Debat kedua khusus cawapres ini mengambil tema ekonomi; baik itu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat cawapres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB. Nantinya, acara ini akan disiarkan langsung beberapa stasiun televisi swasta, yaitu Trans Corp (Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV), Kompas TV, dan BTV.

KPU memberikan 75 undangan penonton ke masing-masing pasangan capres-cawapres. Sementara itu, untuk moderator debat adalah Pemimpin Redaksi Detikcom, Alfito Deannova, dan produser Kompas TV, Liviana Cherlisa.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “KPU Tak Ubah Format Debat, Hanya Tambah Podium”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya