SOLOPOS.COM - Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengikuti sarasehan di Lokananta Solo, Minggu (27/1/2022) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut menjadi kandidat yang paling diinginkan Prabowo Subianto menjadi pendampingnya dalam Pilpres 2024 mendatang.

Gibran mengalahkan sejumlah kandidat lain, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun ternyata hal itu tak selaras dengan hasil survei Indikator Politik Indonesia.

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia menyebut Erick Thohir unggul dari Gibran Rakabuming Raka dan Khofifah Indar Parawansa untuk menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Berdasarkan hasil Survei Indikator pada 2 hingga 10 Oktober 2023, pasangan Prabowo-Erick mencapai dukungan tertinggi sebesar 38,8 persen.

Capaian tersebut dibandingkan dengan simulasi capres-cawapres yang telah melakukan pendaftaran ke KPU, yakni Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Md. yang masing-masing mencapai 22,4 persen dan 32 persen.

Kemudian, jika Prabowo disimulasikan dengan Gibran maka hasilnya mendapat dukungan sebesar 37,5 persen, disusul Ganjar-Mahfud Md. 32,2 persen dan Anies-Imin 22,7 persen.

Sementara itu, ketika Prabowo dipasangkan dengan Khofifah hanya mampu mengerek dukungan sebanyak 37,1 persen, Ganjar-Mahfud 32,7 persen dan Anies-Imin 22,4 persen.

“Pak Erick mendampingi Pak Prabowo, dan hasilnya Prabowo masih unggul sedikit lebih tinggi kalo Pak Prabowo memasang Erick,” ujar peneliti utama Indikator, Burhanuddin Muftadi, Jumat (20/10/2023).

Sebagai informasi, survei ini melibatkan ribuan responden dengan umur minimal 17 tahun lebih atau sudah menikah dengan metode multistage random sampling 1200 orang.

Adapun, Indikator juga melakukan over sample di Sumatra Utara, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Sulawesi Selatan, sehingga total sampel 4.300 responden.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Erick hingga Gibran di Simulasi Cawapres Prabowo, Siapa Paling Unggul?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya