SOLOPOS.COM - Gibran berfoto bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto seusai dipanggil di DPP PDIP, Senin (22/5/2023). (Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar santer Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024 ditanggapi PDIP.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan koalisi PDIP sudah mendeklarasikan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. sebagai pasangan bakal capres-cawapres.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Tak hanya itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menginstruksikan agar seluruh kader partai berlambang banteng moncong putih, khususnya para kepala daerah, segera bergerak ke bawah.

“Yang penting kami sudah deklarasi antara Pak Ganjar dan Prof Mahfud. Apa yang disampaikan Ibu Mega setelah berdialog dengan para ketua umum termasuk Presiden Jokowi ketika mengusulkan Prof Mahfud sebagai pendekar hukum, pembela wong cilik melakukan formasi hukum ternyata mendapatkan respons yang positif,” kata Hasto saat dihubungi awak media di Media Centre TPN Ganjar Presiden, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Ia menilai dalam berpolitik itu harus memegang etika politik. Sebab, berpolitik itu digerakkan oleh nilai-nilai moral, kebaikan hingga dedikasi bagi kemajuan bangsa dan negara.

“Bukan ambisi dengan melanggar kepatutan di dalam politik,” tambah Hasto seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menurut Hasto, Megawati bersama Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo aktif melakukan monitoring setiap hari untuk mengetahui kader mana yang belum bergerak menjangkau rakyat.

Hasto mengungkapkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan melakukan konsolidasi ke Jawa Timur untuk bertemu para relawan.

“Kami langsung bergerak karena kami yakin Pak Ganjar dan Prof Mahfud ini lahir dari mata hati rakyat, dari harapan rakyat banyak. Itu yang didorong,” pungkasnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud resmi mendaftarkan diri ke KPU pada hari pertama tahapan pendaftaran bakal capres dan cawapres, Kamis (19/10/2023) siang.

Ganjar-Mahfud menjadi bakal pasangan calon presiden/wakil presiden yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada hari pertama pendaftaran.

Pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan mulai 19 hingga 25 Oktober 2023.

Instruksi Megawati

Sebelumnya diberitakan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh kepala daerah dari PDIP yang berusia muda untuk menjadi juru bicara dan juru kampanye pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Instruksi tersebut juga berlaku untuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang sedang ramai diisukan bakal menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Instruksi Megawati itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto seusai membuka Rakerda PDIP di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (20/10/2023).

“Belum lama ini seluruh kepala daerah PDIP yang muda ditugaskan sebagai juru kampanye nasional, Mas Dhito Bupati Kediri 31 tahun, Jimmy Andrea Bupati Dairi 31 tahun, Bobby Nasution Wali Kota Medan 32 tahun, M Nur Arifin Bupati Trenggalek 33 tahun, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Bupati Dharmasraya 34 tahun, Diah Ayuning Pratiwi Bupati Purbalingga 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta 37 tahun,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dari deretan nama kepala daerah yang disebutkan Hasto untuk menjadi juru kampanye Ganjar-Mahfud terdapat nama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Menurut Hasto, pihaknya dan Gibran intens berkomunikasi termasuk soal penugasan menjadi juru bicara pasangan Ganjar-Mahfud.

“Seluruh kepala daerah yang muda ditugaskan menjadi jurkamnas, sekaligus jubir Ganjar-Mahfud di wilayah masing-masing,” tegas Hasto.

Ia mengatakan surat instruksi partai mengenai penugasan tersebut sudah disampaikan.

“Kami sudah mengeluarkan surat instruksi begitu Ganjar-Mahfud didaftarkan di KPU langsung semua tiga pilar partai bergerak,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya