News
Senin, 17 Juli 2023 - 10:04 WIB

Sah! Jokowi Resmi Melantik Budi Arie Jadi Menkominfo Gantikan Plt Mahfud MD

Akbar Evandio  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada Senin, (17/7/2023). (Solopos.com/JIBI/BIsni.com)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada Senin, (17/7/2023). 

Berdasarkan pantauan Bisnis di Istana Negara, selain terhadap Budi Arie, Jokowi telah mengambil sumpah jabatan para menteri dan wamen baru lainnya, yakni Pahala Mansury (Wamenlu), Nezar Patria (Wamenkominfo), Paiman Raharjo (Wamendes PDTT), Rosan Roeslani (Wamen BUMN), dan Saiful Rahmat (Wamenag).

Advertisement

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan seurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada Bangsa dan Negara. Saya akan mengunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya. Dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti para menteri terlantik di Kabinet Indonesia Maju. 

Budi Arie merupakan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) yang juga menjabat sebagai Wamendes PDTT. Dia merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Advertisement

Budi Arie merupakan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) yang juga menjabat sebagai Wamendes PDTT. Dia merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Melansir dari situs Kemendes, Budi Arie Setiadi lahir di Jakarta, 20 April 1969. Ia merupakan lulusan pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia, yang kemudian melanjutkan S2 Manajemen Pembangunan Sosial.

Sejak masih mahasiswa, Budi sudah aktif bergabung dengan organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Presidium Senat Mahasiswa UI pada 1994-1995 dan pernah menjadi ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP UI pada 1993-1994. 

Advertisement

Budi Arie juga merupakan pendukung setia Jokowi bahkan setelah dirinya menjadi wakil ketua PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 1998-2001. 

Kemampuan berpolitiknya itu akhirnya membuatnya ditunjuk menjadi Ketua Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 2005-2010. 

Hingga akhirnya dirinya ditunjuk menjadi Ketua Umum DPP PROJO pada 2013-2014 yang mengantarkan Joko Widodo menjadi presiden RI. Selain dunia politik, Budi Arie juga dikenal sebagai sosok wartawan. 

Advertisement

Di mana dirinya adalah pendiri Harian Bergerak pada 1998. Kariernya ini sudah dimulai sejak di bangku kuliah, yakni saat ia menjadi redaktur pelaksana Suara Mahasiswa UI pada 1992-1993. 

Kemudian pada 1994-1996, Budi Arie menjadi wartawan dan redaksi Mingguan Kontan dan Media Indonesia Minggu. 

Melepas jabatannya, dia kemudian ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Mandiri Telekomunikasi Utama pada 1996-2001. 

Advertisement

Terus melejit, dia akhirnya kembali ke dunia wartawan dan menjabat sebagai pemimpin umum Tabloid Bangsa pada 2001-2009. 

Selama berkarier, Budi juga sempat merilis buku dan karya tulisnya dari 2014-2015. Di antaranya yakni Menjemput Takdir Sejarah dan Berubah Demi Rakyat.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sah! Jokowi Lantik Budi Arie Jadi Menkominfo”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif