SOLOPOS.COM - Keluarga Presiden Jokowi saat pernikahan Kaesang Pangarep menikah Desember 2022. (Istimewa/Bridestory).

Solopos.com, JAKARTA — Koalisi Indonesia Maju (KIM) secara resmi mengusung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi calon  presiden (capres) Prabowo Subianto.

Deklarasi putusan itu disampaikan secara langsung oleh calon presiden yang sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Kertanegara, Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Dalam deklarasi itu, Prabowo menyampaikan seluruh partai yang menjadi koalisi dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sudah hadir semua.

“Keputuan ini sudah final. Seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo yang dikutip dari tayangan Breaking News KompasTV.

Selanjutnya, Prabowo mengatakan Koalisi Indonesia Maju akan mendaftarkan capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

“Saya kira itu [pengumuman soal Gibran jadi cawapres Prabowo] pengumuman yang sudah ditunggu sekaligus yang sudah disampaikan untuk masyarakat umum. Pada tanggal 25 [Oktober] hari Rabu kita akan daftar ke KPU,” jelas dia.

Sebelumnya, kabar soal Gibran menjadi cawapres Prabowo ini menjadi menjadi perhatian publik dua hari terakhir. Solopos.com , merangkum respons keluarga Jokowi saat ditanya soal Gibran menjadi cawapres Prabowo Subianto.

1. Dukungan dari Jokowi

Saat menjadi pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo buka suara terkait Gibran Rakabuming Raka selaku anaknya yang direkomendasikan Partai Golkar sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Dilansir Antaranews, Jokowi mendoakan dan merestui keputusan Gibran Rakabuming Raka.

“Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan [Gibran] semuanya. Karena sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan,” kata Presiden Jokowi saat ditanya usai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

2. Jempol Iriana Jokowi 

Di momen yang sama saat acara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu, Iriana Jokowi tak memberikan jawaban apapun saat ditanya wartawan soal Gibran diusung Partai Golkar sebagai bakal calon presiden Prabowo Subianto.

Namun, Iriana, mengacungkan jempol saat ditanya awak media soal restu kepada anak sulungnya. “Bu Iriana. Buk, merestui Gibran [jadi bakal Cawapres Prabowo] enggak buk?” tanya wartawan dikutip dari YouTube Kumparan, Minggu sore.

Dalam video tersebut, Iriana, yang terlihat mengenakan pakaian serba putih dan jilbab putih hanya diam. Namun, Iriana, mengacungkan jempol ke arah wartawan yang bertanya.

3. Kaesang “Kecewa”

Sementara, adik bungsu Gibran yang juga jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berkelakar dirinya kecewa
terhadap kakaknya Gibran Rakabuming yang menerima pinangan Partai Golkar sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

“Mas Wali Kota masuk Golkar ya? Ya kecewa enggak masuk PSI,” kata Kaesang di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dilansir Antaranews.com, Sabtu (21/10/2023).

Meski demikian Kaesang menegaskan dirinya akan tetap menghormati keputusan Golkar mengusung Gibran sebagai bacawapres.

“Ya mau gimana pun itu kan urusannya Golkar jadi kita menghormati apapun keputusannya dari Partai Golkar,” ujarnya.

“Saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres. Apakah setuju? Pak Prabowo, semua setuju?” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, saat membacakah hasil keputusan di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya