SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman usai Silaturahmi Partai KIM di Grand Sahid, Jakarta, Minggu (5/11/2023). ANTARA/Sanya Dinda/aa.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Komandan Hukum Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Habiburokhman, membalas pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang sebut penguasa kini mirip seperti rezim Orde Baru. 

Habiburokhman menyambut positif pernyataan Megawati karena tujuannya mulia. Menurutnya, presiden ke-5 RI itu hanya ingin menasihati para elite politik sekarang ini. 

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Yang kami tangkap inti pesan beliau adalah agar siapa pun yang sedang memegang kekuasaan tidak bertindak sewenang-wenang dan tidak memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingan politik kelompok-nya,” ujar Habiburokhman dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Wakil ketua Komisi III DPR ini juga berpendapat, kekuasaan politik merupakan amanat dari rakyat yang harus diraih dengan cara yang semestinya. Meski demikian, lanjutnya, bagi yang sudah punya kekuasaan juga tidak boleh serakah. “

Jangan karena takut kehilangan kekuasaan atau takut tidak berkuasa lagi kita melakukan hal-hal yang melanggar prinsip-prinsip demokrasi,” katanya. 

Dia pun mencontohkan beberapa isu yang belakangan muncul, terkait dugaan adanya kecurangan dalam ajang Pilpres 2024. 

Meski demikian, Habiburokhman hanya mencontohkan dugaan kecurangan yang melibatkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD. 

“Belakangan ini banyak warga mempertanyakan soal pakta integritas Pj. Bupati di Sorong, dugaan ketidaknetralan Pj. Bupati Cilacap dengan program kancing merah, dugaan ketidaknetralan bupati di Majalengka, dan banyak lagi,” ujarnya. 

Sebelumnya, Megawati menyindir pihak yang berkuasa seperti zaman Orde Baru, ketika memberi pidato dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Relawan Ganjar-Mahfud di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Senin (27/11/2023). 

“Republik ini penuh dengan pengorbanan, tahu tidak? Kenapa sekarang kalian yang baru berkuasa itu mau bertindak seperti zaman Orde Baru?” ujar Megawati.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Balasan TKN Prabowo-Gibran Usai Megawati Sebut Penguasa Kini Seperti Orde Baru”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya