SOLOPOS.COM - Anies Baswedan saat berbicara di Investment Summit di Mandarin Oriental Ballroom, Selasa (24/10/2023). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya percaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bersikap netral dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.  

Seperti diketahui bahwa Gibran Rakabuming Raka, putra sulung dari Jokowi akan ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 setelah diusung menjadi cawapres Prabowo Subianto. 

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Engga lah (engga takut), kami yakin Presiden akan bersikap netral, Presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi,” ujar Anies usai menghadiri Investment Summit di Mandari Oriental Ballroom, Selasa (24/10/2023), dilansir Bisnis.com.

Dia menyebut bahwa kemenangan seseorang akan lebih berwibawa jika dimenangkan karena netralitas. Dia punpercaya bahwa Gibran tidak akan diberikan fasilitas khusus karena sebagai anak presiden, karena setiap hal akan diawasi dalam Pilpres 2024 nanti. 

“Rasanya engga, semua media nonton, semua rakyat nonton. Semua jadi reporter. Semua yang bersifatnya pelanggaran, semua nonton,” ujarnya. 

Sementara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merespons diusungnya Gibrang Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut bahwa penunjukan Gibran menjadi cawapres memang kontroversial. Namun dirinya melihat bahwa pemilihan paslon adalah hak semua orang. 

“Bravo Prabowo luar biasa menentukan Mas Gibran, kontroversi, tapi itu hak semuanya,” ujar Mardani dalam keteranganya, Senin (23/10/2023). 

Dia menyebut bahwa dengan hadirnya tiga pasangan calon akan menjadikan kontestasi lima tahunan ini banyak karya dan gagasan yang timbul. Pihaknya siap untuk tetap mengawal kontestasi Pilpres 2024 agar tetap jujur dan adil. 

“Insyallah, kita jaga pilpres tetap adil walaupun ada anak Presiden yang ikut, itu tugas kita semua menjaga agar pemilu jurdil alias jujur dan adil,” ujarnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Anies Baswedan Percaya Jokowi Tak Campuri Urusan Gibran di Pilpres 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya