SOLOPOS.COM - Pengambilan sumpah jabatan dalam pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN dan Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam di Istana Merdeka pada Rabu (21/2/2024). (Youtube/Sekretariat Presiden)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Acara pelantikan yang juga dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu diadakan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/2/2024) pukul 11.00 WIB. Presiden Jokowi secara langsung melantik dua menteri barunya tersebut.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Dalam acara pelantikan itu, Hadi Tjahjanto dan AHY juga mengambil sumpah jabatan sebagai menteri.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.”

Sebelumnya, AHY yang dilantik sebagai Menteri ATR/BPN meminta restu terlebih dahulu kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan juga sang ayah Susilo Bambang Yudhoyono yang merupakan Presiden ke-6 RI.

“Kemarin (20/2/2024), saya mendapatkan amanah dari Bapak Presiden @jokowi. Sebagai junior, sekaligus anggota Koalisi Bapak @prabowo tentu saya perlu melaporkan amanah tersebut pada beliau,” tulis AHY di akun Instagram resminya, @agusyudhoyono pada Rabu (21/2/2024).

Di sisi lain, Sekretaris Pribadi Presiden RI Ke-6 Ossy Dermawan menyampaikan bahwa AHY turut menyambangi ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tak dapat merapat ke Istana Kepresidenan untuk menyaksikan pelantikan putranya AHY sebagai Menteri ATR, Rabu (21/2/2024). Alasannya, Presiden Ke-6 RI itu dikabarkan baru tiba di Cikeas, Bogor setelah melakukan perjalanan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan,” ucapnya kepada wartawan melalui pesan teks, Rabu (21/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya