SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setneg.go.id)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap menyelenggarakan reshuffle kabinet pada Rabu Pon, kira-kira apa makna dan artinya?

Pada hari ini Rabu Pon (21/2/2024), Presiden Jokowi kembali melakukan perombakan kabinet, yakni melantik Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinaotr Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Bukan kali ini saja Jokowi melakukan perombakan kabinet di Rabu Pon. Pada 2015 lalu, Jokowi untuk pertama kalinya melakukan reshuffle kabinet dengan melantik enam menteri baru. Setahun kemudian, Jokowi juga melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pon 27 Juli 2016.

Lalu, pada Rabu Pon, 23 Desember 2020, Jokowi juga melakukan perombakan di kursi menterinya dengan melantik Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Terkait hal tersebut, kira-kira apa sih alasannya Jokowi kerap melakukan reshuffle kabinet di Rabu Pon?

Diulas Solopos.com sebelumnya, Rabu Pon merupakan weton dari Presiden Jokowi yang lahir pada 21 Juni 1961. Dikutip dari Primbon Betaljemur Adammakna karya Kanjeng Pangeran Harya Cakraningrat, Rabu Pon memiliki jumlah neptu 14. Hal ini membuat orang yang lahir di hari Rabu Pon memiliki empat kelebihan.

“Sebarang pegaweyan bisa, sadhala bae banjur pinter, apa maneh yen diwulang banget anggone ngemen-emenake, cacade rada sungkanan lan ora sugih, nanging lembah manah.”

Pertama, sebarang pegaweyan bisa, yang artinya bisa melakukan segala hal. Kedua, sadhela bae banjur pinter, artinya cepat belajar. Ketiga, yen diwulang bange angone ngemen-emenake, artinya suka memperhatikan saat diberi penjelasan. Keempat, lembah manah yang bermakna baik hati.

Jika merujuk pada uraian di atas, bisa dibilang Rabu Pon merupakan hari baik bagi Presiden Jokowi, karena merupakan hari kelahirannya. Hal itu juga yang kemungkinan menjadi alasan bagi Jokowi melakukan reshuffle kabinet di hari Rabu Pon, meski tidak selalu begitu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya