SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers di DPP Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023). Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak para kader untuk sabar, ikhlas dan ‘move on’ setelah pihaknya menarik dukungan terhadap Anies Baswedan dan mengatakan tentang kemungkinan untuk mencari koalisi lain. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/nym.

Solopos.com, SOLO — Publik dibuat penasaran dengan profil Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lantaran Ketua Umum Partai Demokrat ini disebut-sebut bakal dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini Rabu (21/2/2024).

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono ini diisukan bakal dilantik menjadi Menteri ATR sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional, menggantikan Hadi Tjahjanto yang rencananya akan mengisi jabatan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Sebelumnya, posisi Menko Polhukam dipegang oleh Mahfud MD. Namun, dia mundur karena keikutsertaannya sebagai cawapres nomor urut 03 mendampingi capres Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Mahfud MD diketahui mundur dari Menko Polhukam pada akhir Januari 2024.

Berdasarkan profil yang ada, AHY yang disebut bakal dilantik menjadi Menteri ATR/BPN ini merupakan Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025. Pria kelahiran Bandung, 10 Agustus 1978 merupakan anak pertama dari dua bersaudara pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono).

AHY berasal dari salah satu keluarga terpandang di Indonesia. Ayahnya merupakan Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009 dan periode 2009-2014. AHY menghabiskan masa kecil dan bersekolah dengan berpindah-pindah kota karena mengikuti daerah yang menjadi tempat tugas ayahnya.

Dia menghabiskan masa kecilnya di Bandung, Timor Timur, Jakarta sampai dengan Amerika Serikat. AHY sempat mengenyam pendidikan sekolah dasar (SD) di Timor Timur berpindah ke SD Kuntum Wijaya Kusuma, di Jakarta Timur pada 1984 hingga 1988. Kemudian, dia kembali pindah bersekolah ke David J. Brewer School, Leavenworth, Kansas, Amerika Serikat hingga 1991.

Seusai lulus sekolah dasar, AHY menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Bandung. Selanjutnya, dia kembali pindah bersekolah ke Jakarta dan menyelesaikannya di SMPN 20 Jakarta Timur. Pada 1994, AHY menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah dengan landasan militer. Terinspirasi dari ayahnya, AHY memutuskan menjadi seorang tentara. Dia menempuh pendidikan militernya di Akademi Militer (Akmil) Indonesia pada 1997.

Pada September 2016, AHY memutuskan mengundurkan diri dari militer dengan jabatan terakhir sebagai Mayor Infanteri. Pengunduran tersebut menjadi awal langkah AHY masuk dalam dunia politik dengan bergabung Partai Demokrat dan memutuskan masuk ke bursa pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Dari profil yang ada, AHY yang disebut menjadi Menteri ATR/BPN ini menikah dengan Annisa Pohan pada 8 Juli 2005. Dari pernikahannya itu, mereka dikarunai satu orang anak, yakni Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Profil AHY yang Disebut Bakal Dilantik Jokowi Jadi Menteri ATR Besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya