SOLOPOS.COM - Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto saat melakukan kunjungan ke Kantor Pertanahan Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (9/3/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini Rabu (21/2/2024).

Pada perombakan kabinet hari ini, disebut-sebut Hadi Tjahjanto yang sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) kini bakal mengisi posisi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri ATR menggantikan Hadi Tjahjanto.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Jokowi sendiri meminta masyarakat untuk menunggu hingga perombakan kabinet dilaksanakan pada hari ini pukul 10.00 WIB. “Besok ditunggu saja jam 10.00 [WIB],” kata Presiden Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Jakarta, Selasa (19/2/2024), dilansir Antara.

Agenda pelantikan Menko Polhukam serta Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional oleh Presiden Jokowi telah dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana. Ari menyebut pelantikan akan dilaksanakan pada Rabu di Istana Merdeka, Jakarta.

Sementara itu, soal reshuffle kabinet hari ini dan nama AHY disebut bakal menjadi Menteri ATR, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra buka suara. Dia mengatakan sebagai orang yang pernah menjadi prajurit militer, AHY selalu mendarmabaktikan hidup bagi bangsa dan negara.

“Jika negara memanggil, mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, beliau selalu mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu di militer, lalu sekarang di medan politik. Ke depannya, tentu beliau selalu siap memenuhi panggilan tugas untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Herzaky menyebut reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Namun demikian, kata dia, jika negara memanggil AHY selalu siap memenuhi panggilan itu.

“Reshuffle kabinet hak prerogatif presiden. Kami menghormati betul hak Bapak Presiden. Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silahkan ditanyakan kepada beliau,” jelas Herzaky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya