SOLOPOS.COM - Sejumlah penari bersiap melakukan gladi kotor tari jelang puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (22/6/2023). PDI Perjuangan akan menggelar konsolidasi akbar yang rencananya akan dihadiri sekitar 100 ribu orang relawan, simpatisan hingga kader, sekaligus untuk memperingati puncak Bulan Bung Karno (BBK) dengan bertemakan Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya yang berlangsung pada Sabtu (24/6/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Solopos.com, JAKARTA — Puluhan ribu kader hingga simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) memerahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) guna memeriahkan perayaan puncak Bulan Bung Karno (BBK) pada Sabtu (24/6/2023). 

Melansir Bisnis.com di lokasi, sekitar pukul 11.30 WIB seluruh tribun di GBK sudah hampir penuh. Kader dan simpatisan PDIP semuanya kompak mengenakan perpaduan baju merah dengan celana hitam, warna khas PDIP. 

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Sebagai informasi, GBK berkapasitas hingga 77 ribu penonton. Sementara itu, PDIP memprediksi hingga ratusan ribu kader hingga simpatisan akan berkumpul ke kawasan GBK.

Sejak pagi, kader dan simpatisan PDIP sudah mulai memadati kawasan GBK. Mereka terlihat mengantri untuk masuk melalui mesin body checker. 

Sedangkan untuk masuk ke dalam Stadion Utama GBK, mereka berbaris dengan rapi sesuai asal mereka. Sekitar pukul 09.05 WIB, satu persatu kader dan simpatisan sudah menunggu di area ring road GBK, mulai masuk. 

Mereka terlebih dahulu diperiksa kembali dengan menunjukkan gelang sebagai tanda zona pintunya yang dimulai dari zona 1-12. 

Diketahui, mereka tak diperkenankan membawa korek api dan rokok. Akibatnya, yang membawanya langsung menyerahkan kepada panitia yang menjaga. 

Rangkaian acara BBK dimulai dengan ditandai munculnya sepasang pembawa acara atau master of ceremony (MC). 

MC kemudian menyapa satu persatu para kader yang sudah menyemut di dalam tribun stadion sesuai daerah asal mereka. 

Berbagai acara hiburan ditampilkan. Terik matahari sudah mulai pada puncaknya, namun kader dan simpatisan tetap setia menunggu acara utama yang akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. 

Puluhan ribu kader dan simpatisan itu akan disediakan makan siang. Mereka akan makan bersama selama 30 menit sebelum memasuki acara utama. 

Dalam acara utama, akan ada pidato dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Selain itu, ada pertunjukan tari kecak yang akan dibawakan oleh 3 ribu penari perempuan. Selain itu, akan ada penayangan video dari perjalanan hidup Bung Karno dan salah satu istrinya, Fatmawati.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap beberapa elite partai politik seperti Golkar, Perindo, PAN, PPP akan menghadiri perayaan acara tersebut.

Hasto mengatakan dari Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Amanat Nasional (PAN) sudah mengonfirmasi akan mengirimkan perwakilan petingginya.

“Ada beberapa perwakilan partai seperti Partai Golkar, kemudian ada dari PKB, ada dari PAN, dan lain-lain,” ujar Hasto jelang perayaan puncak BBK di Stadion GBK. 

Dia menjelaskan, sebenarnya PDIP mengundang para ketua umum partai politik. Meski demikian, mereka berhalangan hadir sehingga menugaskan elite partai lainnya.

“Beberapa petinggi partai memang sudah diundang, ada yang berhalangan karena sedang menjalankan ibadah haji,” jelasnya.

Sementara itu, ketua umum partai politik yang sama-sama mendukung pencapresan Ganjar Pranowo akan hadir, yaitu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo.

“Dari Perindo Pak Hary Tanoe, dan sebelumnya ada dari PPP, Pak Haji Mardiono. Kemudian dari Hanura Pak Oesman Sapta,” imbuhnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Puncak Bulan Bung Karno, Puluhan Ribu Kader-Simpatisan PDIP Merahkan GBK” dan “PDIP: Elite Golkar, PKB, PAN, PPP, Perindo, Hanura Hadiri Puncak Bulan Bung Karno”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya