SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto berpidato saat menghadiri deklarasi dukungan dari Induk Koperasi Unit Desa (KUD) di Jakarta, Sabtu (4/11/20223). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa)

Solopos.com, JAKARTA — Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto akan memanfaatkan rawa untuk mencapai swasembada pangan apabila dirinya terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Menurut perhitungannya, Indonesia memiliki sekitar 20 juta hektare rawa yang belum dimanfaatkan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Kami ada teknologinya membuat sawah di lahan rawa, membuat kebun jagung di rawa, kami sudah melaksanakan percobaan, bahkan lebih murah daripada sawah biasa. Air tidak jadi masalah,” kata Prabowo dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Prabowo mengatakan pemanfaatan rawa untuk menghasilkan pangan dapat meningkatkan produksi pangan Indonesia sehingga pencapaian target swasembada pangan akan lebih cepat.

Ia menyebut, dengan memanfaatkan 5 juta sampai 6 juta hektare rawa, Indonesia sudah bisa swasembada pangan.

Apabila swasembada pangan tercapai, kata Prabowo, Indonesia dapat membantu negara lain dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Bahkan, Indonesia berpotensi menjadi lumbung pangan dunia.

“Sudah hitung, 3 tahun swasembada pangan. Setelah itu, Indonesia sudah bisa menjadi lumbung pangan dunia,” tutur Ketua Umum Partai Gerindra itu, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Apabila kelak terpilih menjadi presiden, Prabowo menargetkan lumbung pangan akan bergerak mulai dari level desa.

Ia ingin menghidupkan lagi lumbung pangan desa, lumbung pangan kecamatan, lumbung pangan kabupaten, lumbung pangan provinsi, dan lumbung pangan nasional.

Program swasembada pangan, lanjut Prabowo, merupakan konsep yang telah digaungkan sejak 20 tahun lalu terlebih kekhawatirannya atas krisis pangan dunia kini telah terjadi.

“Tidak ada negara merdeka yang tergantung makannya pada bangsa lain. Sekarang terbukti, dengan perang Rusia-Ukraina, banyak negara tidak mau jual pangan,” ujar Prabowo.

Ia menginginkan Indonesia menjadi negara mandiri, termasuk dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Partai Hanura.

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya