SOLOPOS.COM - Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo. (setkab.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Bogor berlangsung tak sampai satu jam, Senin (2/10/2023) sore.

Belum diketahui isu yang dibahas dalam pertemuan dari dua tokoh negara itu.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

Berdasarkan pantauan awak media di Istana Kepresidenan Bogor, SBY masuk melalui pintu pos 4, Museum Balai Kirti, sekitar pukul 16.52 WIB.

Selanjutnya, SBY terlihat keluar dan masuk ke dalam mobil hitam dengan diantar oleh Presiden Jokowi pada pukul 17.44 WIB.

Pertemuan keduanya memakan waktu hingga 52 menit.

Diskusi antara dua negarawan itu makin mewarnai kondisi politik di Tanah Air, mengingat pertemuan empat mata ini dilakukan di tengah menghangatnya isu politik jelang Pemilu dan Pilpres 2024.

Bisnis telah mencoba mengontak pihak Istana Kepresidenan tetapi belum ada respons terkait dengan pertemuan kedua tokoh bangsa itu.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

Kabar tersebut beredar di kalangan wartawan sejak Senin petang.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat dari Jakarta, Senin, hanya memberikan emotikon senyum.

Kabar pertemuan SBY dengan Jokowi itu terjadi di tengah makin menghangatnya suhu politik di Tanah Air menjelang pendaftaran bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang disepakati maju mulai 19 Oktober 2023.

Selain itu, kabar pertemuan tersebut juga terjadi di tengah mencuatnya isu perombakan (reshuffle) kabinet karena dugaan keterlibatan dua menteri Kabinet Indonesia Maju dalam kasus hukum.

Hingga berita ini ditulis, pihak Istana maupun Partai Demokrat belum ada yang dapat dikonfirmasi mengenai kepastian pertemuan SBY dengan Jokowi maupun terkait pembahasan dalam pertemuan itu.

Sebagaimana diketahui, Partai Demokrat saat ini berada di luar pemerintahan Jokowi.

Partai Demokrat bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres.

KIM berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Garuda, serta Partai Gelora.

PSI belum mendeklarasikan dukungan kendati kerap terlibat dalam kegiatan Koalisi Gerindra.

Publik saat ini bertanya-tanya tentang arah dukungan Jokowi apakah ke Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo yang diusung oleh Koalisi PDIP.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Bertemu SBY di Istana Bogor Sore Ini, Bahas Apa?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya