SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo (ketiga kanan) berjalan dengan Kepala Kampung Wendu Matara Kalimus Mahuse (kiri) saat melakukan kampanye perdana di Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2023). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA — PDIP mengklaim gaya blusukan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo berbeda dengan gaya blusukan yang selama ini identik dengan sosok Presiden Joko Widodo.

Perbedaan mencolok itu terdapat pada kebiasaan Ganjar yang menginap di rumah penduduk.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut gaya blusukan Ganjar Pranowo dengan nama blusukan plus.

“Ya kalau kita lihat dari survei memang di tengah berbagai bentuk intimidasi yang ada, Pak Ganjar itu ditangkap sebagai sosok yang mampu blusukan. Blusukannya plus,” ujar Hasto saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta pada Selasa (28/11/2023).

Menurutnya, blusukan Ganjar berbeda dari Presiden Jokowi karena blusukan dan tinggal di rumah penduduk.

Hasto menyebut Ganjar adalah sosok pemimpin yang cepat atau sat-set dalam menyelesaikan masalah rakyat.

Ia menilai sosok Ganjar-Mahfud merupakan yang paling tepat untuk memberantas KKN di Indonesia karena paslon nomor urut tiga itu ingin melakukan autokritik terhadap perjalanan reformasi.

“Korupsi makin merajalela, bahkan dengan kolusi dan nepotisme. Mengapa hal itu terjadi karena biaya pemilu yang tinggi,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Hasto mengatakan Ganjar-Mahfud Md dapat mengembalikan spirit reformasi dengan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi sehingga perhatian terhadap daerah tertinggal dan rakyat miskin akan lebih besar lagi.

“Ganjar-Mahfud mengembalikan spirit reformasi itu agar apa, kalau kita bisa mengatasi korupsi APBN 10 persen saja, maka perhatian terhadap daerah-daerah tertinggal akan makin besar,” katanya.

Ia menekankan, Ganjar-Mahfud ingin memberikan perhatian langsung terhadap rakyat miskin, salah satu caranya adalah menekan korupsi di Indonesia.

“Kita tidak bisa lagi membiarkan korupsi merajalela, maka sosok oleh sosok yang sangat tegas yang memiliki pengalaman yang luas, yaitu Prof Mahfud Md. Beliau sangat kredibel. Sementara Pak Ganjar itu dengan blusukannya dengan gaspol nya itu mempercepat. Termasuk melalui proses digitalisasi pemerintahan,” ujar dia.

Ganjar menjadikan Merauke di Papua Selatan sebagai titik awal kampanye sedangkan Mahfud Md. di Sabang, Aceh.

KPU pada Senin (13/11/2023) menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya