SOLOPOS.COM - Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA/HO-PDIP

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 18 dari 34 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju hadir bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Selain lebih dari separuh jumlah menteri Jokowi itu, Rakernas PDIP juga dihadiri sejumlah pejabat negara lainnya hingga kepala badan.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Berdasarkan pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, para pejabat negara yang hadir di Rakernas PDIP antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md, dan Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

Dari kalangan menteri yang hadir adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Arifin Tasrif, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Hadi Tjahjanto, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain para menteri, beberapa wakil menteri juga terlihat ada dalam acara Rakernas PDIP tersebut.

Kemudian dari jajaran kepala badan yang hadir di antaranya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Suharyanto, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Hendrar Prihadi, Kepala Badan Narkotika Nasional Heru Winarko, Kepala Bulog Budi Waseso, Kepala Arsip Nasional M. Taufik, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Selain belasan menteri dan pejabat negara, Rakernas IV PDIP juga dihadiri tiga ketua umum parpol yang menjadi pengusung bakal calon presiden Ganjar Pranowo.

Mereka adalah Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt. Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang.

Selain PPP dan PDIP, dua partai pengusung Ganjar yakni Perindo dan Hanura saat ini berada di luar parlemen.

Saat memberikan pidato, Megawati menyapa tiga ketua umum partai politik tersebut dengan sebutan sahabat.

“Dan yang paling terutama adalah tiga sahabat kami, ketua umum partai, Bapak Mardiono dari Partai Persatuan Pembangunan [PPP], Bapak Hary Tanoe dari Partai Persatuan Indonesia [Perindo], lalu Bapak Oesman Sapta Odang dari Partai Hati Nurani Rakyat [Hanura],” ujar Megawati.

Sambutan Megawati yang dilontarkan secara khusus itu direspons para pimpinan parpol dimaksud.

Hary Tanoesudibjo, Mardiono dan Oesman Sapta Odan bergantian berdiri ketika nama mereka disebutkan oleh Megawati.

Dalam pidato sambutannya, Megawati mengajak para kader partai pengusung untuk memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang.

“PDIP tidak akan pernah menyerah di dalam politik kedaulatan pangan. Itulah komitmen pokok partai, pada pemeritahan yang akan datang, dengan memenangkan Pemilu legislatif dan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI kedelapan. Sanggup?” teriak Megawati yang disambut “sanggup” oleh hadirin.

Bakal capres PDIP Ganjar Pranowo terlihat tersenyum dan menangkupkan kedua tangannya sementara Presiden Jokowi yang duduk di sampingnya terus tersenyum sembari bertepuk tangan.

Tema Rakernas IV PDIP adalah Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia dengan subtema Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia.

Selain Rakernas, kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (1/10/2023) itu juga mengagendakan pembekalan calon anggota legislatif PDIP serta pemenangan Pemilu 2024.

Presiden Joko Widodo tiba sekitar pukul 14.36 WIB dengan mengenakan kemeja dan jaket bomber berwarna merah.

Jokowi datang bersama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya