SOLOPOS.COM - Anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Istimewa/Instagram Kaesang Pangarep)

Solopos.com, JAKARTA — Isu tentang Politik Dinasti yang dialamatkan kepada Jokowi dan keluarganya ternyata sudah sampai ke media luar negeri. 

Media SCMP secara khusus membahas tentang isu Politik Dinasti ini. Dalam artikelnya, portal tersebut bahkan menyertakan berbagai pendapat ahli. 

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Keputusan kontroversial tersebut dipandang oleh para ahli dan pengamat hukum sebagai tindakan yang tidak demokratis, dan para pengkritik presiden mengatakan bahwa keputusan tersebut menunjukkan bahwa Widodo sedang berusaha membangun dinasti politiknya sendiri setelah ia keluar dari jabatannya,” tulis SCMP, dilansir Bisnis.com.

Seperti diketahui, MK awalnya menolak petisi untuk menurunkan usia minimum menjadi 35 tahun dari 40 tahun. 

Namun secara tidak terduga, pengadilan memutuskan bahwa mereka mendukung pembukaan pemilihan umum bagi kandidat berusia di bawah 40 tahun yang pernah menjabat sebagai “pemimpin daerah” pada sesi sore hari. 

Keputusan ini memungkinkan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mendaftar sebagai Capres atau Cawapres pada Pilpres 2024 mendatang. 

Apalagi Gibran, selama berbulan-bulan terakhir disebut-sebut sebagai pilihan populer sebagai cawapres calon presiden Prabowo Subianto Situs tersebut kemudian menyoroti ketua MK yang ternyata adik ipar Jokowi. 

Hubungan keduanya membuat beberapa ahli menyebut hal ini sebagai Politik Dinasti. 

“Keputusan ini benar-benar menunjukkan betapa buruknya demokrasi di Indonesia. Selalu ada cara bagi elit penguasa untuk mengabaikan undang-undang demi kepentingan mereka,” kata Wasisto Raharjo Jati, analis politik Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berbasis di Jakarta. 

Bukan hanya Wasisto, Yoes C. Kenawas yang merupakan peneliti dari Universitas Katolik Atma Jaya, menyebut keputusan pengadilan tersebut sebagai “plot twist”. 

“Pedoman dinasti masih ada. Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia kita bisa melihat anggota keluarga dari presiden yang sedang menjabat mencalonkan diri pada pemilu berikutnya,” kata Yoes di SCMP. 

Selain Gibran, SCMP juga menyoroti putra bungsu Widodo, Kaesang Pangarep yang baru-baru ini diangkat menjadi ketua Partai Solidaritas Indonesia dan menantu Widodo, Bobby Nasution, menjabat sebagai walikota di kota Medan.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kisah Politik Dinasti Jokowi sudah sampai ke Luar Negeri”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya