SOLOPOS.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) didampingi Presiden Joko Widodo (kedua kiri), para Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri) dan Prananda Prabowo (kanan) serta calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kedua kanan) berfoto bersama di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023). PDI Perjuangan resmi menetapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/YU

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Ada cerita menarik dari politikus PDIP, Pandapotan Maruli Asi Nababan, tentang proses penunjukan Ganjar, terutama menyangkut Puan Maharani.

Pria yang akrab disapa Panda Nababan ini mengatakan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat berat untuk memberitahu putrinya, Puan Maharani, bahwa capres PDIP adalah Ganjar, bukan Puan. 

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

“Dua hari sebelum itu [pengumuman capres PDIP] Ganjar sudah standby di [Istana] Batu Tulis menunggu perkembangan dan memang ada delay karena ada yang berat buat Mega untuk menceritakan ke Puan bahwa dia bukan pilihan,” ujar Panda kepada eks Ketua KPK Abraham Samad di kanal YouTube Abraham Samad Speak Up, Selasa (31/10/2023), dilansir Bisnis.com.

Lebih lanjut, Panda menilai wajar jika Megawati memang menginginkan Puan menjadi capres PDIP. Namun, dia menahan diri untuk memaksakan keinginannya tersebut. 

“Dia tahu belum waktunya anakku [jadi capres],” ujarnya. 

Akhirnya, seusai Puan mengetahui informasi bahwa Ganjar Pranowo adalah capres pilihan PDIP baru digelar deklarasi pada 21 April 2023. 

Setelah itu, pada 18 Oktober 2023 PDIP bersama koalisinya mengumumkan Mahfud MD sebagai cawapres pendamping Ganjar di Pemilu 2024. 

Dengan demikian, pasangan Ganjar-Mahfud akan bersaing dengan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin di Pilpres 2024.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kisah Megawati Berat Kabari Puan Kalau Ganjarlah Capres Pilihan PDIP”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya