SOLOPOS.COM - Dua cawapres Pilpres 2024 Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD satu panggung di 13 Tahun Mata Najwa, Senin (20/11/2023). (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, JAKARTA — Mahfud MD, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Gibran Rakabuming Raka berada satu panggung di acara 13 tahun Mata Najwa pada Minggu, 20 November 2023. 

Ada banyak hal yang dibahas oleh cawapres berserta capres dalam acara tersebut. Namun, yang tak kalah menarik ketika capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 itu saling bertukar kado. 

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Dalam acara tersebut, Najwa Shihab meminta capres bertukar kado dengan capres lain, demikian juga dengan cawapres yang harus bertukar kado dengan cawapres lain. 

Akan tetapi, hal menarik terjadi saat Cak Imin dan Mahfud MD bertukar kado dengan cawapres no urut 2, Gibran Rakabuming Raka. 

Mahfud MD memberikan Gibran sebuah buku biografi miliknya yang berjudul “Terus Mengalir”. Dalam komentarnya, Mahfud MD mengatakan bahwa buku itu adalah biografi hidupnya sampai selesai jadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). 

“Ini kado buku biografi saya sampai selesai jadi Ketua MK. Judulnya ‘Terus Mengalir’, jadi enggak ada harganya, jadi buku saya sendiri, untuk Mas Gibran,” kata Mahfud MD, dilansir Bisnis.com.

Gibran menerima hadiah buku tersebut dengan senyum. Tapi, netizen berkata lain. 

Menurut mereka, kado Mahfud MD kepada Gibran adalah sindiran tentang polemik politik dinasti yang mencatut paman Gibran sebagai Ketua MK belakangan ini.

Di sisi lain, Gibran memberikan jaket kepada Mahfud MD. Menurut Wali Kota Solo tersebut, tujuan pemberian jaket adalah agar Mahfud MD tidak kedingingan saat blusukan. 

Bukan hanya sekali, Mahfud MD bahkan memberikan komentar satire yang seolah menyinggung Gibran saat memberikan kado kepada Najwa Shihab. 

Sebagai kado ulang tahun ke-13 Mata Najwa, Mahfud MD memberikan replika orang naik tangga. Menurutnya, puncak harus diraih dengan menjajaki satu per satu anak tangga terlebih dahulu. 

“Ini ada replika orang naik tangga. Ini pesan kepada Mbak Najwa bahwa melangkah ke puncak itu harus melalui satu per satu tangga dan Anda akan berhasil nanti mencapai puncak,” katanya. 

Satire Cak Imin 

Bukan hanya Mahfud MD yang disebut satire oleh netizen, Cak Imin pun demikian.  Dalam prosesi tukar kado, Cak Imin memberikan kaus kepada Mahfud MD.

Kausnya sederhana, tetapi tertulis guyonan khas Cak Imin yakni “Kuatkan Iman, Imun dan Imin.” Demikian juga kado yang diberikan Cak Imin kepada Gibran. 

Hanya saja saat memberikan kepada cawapres no urut 2, Cak Imin menyisipkan kalimat sindiran. “Tulisannya sama, ‘kuatkan iman-imun dan imin karena hidup tak semudah yang kamu kira’,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kado Satire Mahfud MD dan Cak Imin kepada Gibran, Lucu tapi “Pedas”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya