SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana dalam suatu kunjungan ke Beijing, beberapa waktu lalu. (Setkab)

Solopos.com, JAKARTA — Ibu Gibran Rakabuming Raka, Iriana Jokowi, belakangan viral lantaran disebut cawe-cawe dalam proses pencalonan Gibran sebagai Cawapres. 

Bahkan muncul rumor jika pencalonan Gibran menjadi Cawapres tak lepas dari peran Iriana Joko Widodo yang mengerahkan keluarga besar untuk memuluskan langkah Gibran. Meski demikian ditemui di Balai Kota Solo pada Senin, 20 November 2023, putra sulung Jokowi tersebut menepis isu yang melibatkan Iriana Jokowi itu. 

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Gosip itu,” katanya kepada wartawan. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (Jokowi) juga sempat viral setelah mengacungkan jempolnya, ketika ditanya terkait restu untuk anaknya, Gibran Rakabuming Raka yang dikabarkan akan maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 mendatang. 

Acungan jempol tersebut diberikan Iriana saat menemani Presiden Jokowi yang menjadi inspektur saat Apel Hari Santri Nasional 2023, di lapangan Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023). 

Mengacu pada viralnya sosok Iriana Jokowi, dilansir Bisnis.com, berikut rangkuman profil dan biodata ibu negara RI, Iriana Jokowi. 

Profil dan Biodata Iriana Jokowi 

Iriana Jokowi memiliki nama asli Iriana. Dia merupakan perempian kelahiran Solo pada 1 Oktober 1963. Iriana merupakan anak pertama dari lima bersaudara dari pasangan Ngadijo (ayah) dan Sri Soenarni (ibu). 

Soal pendidikan, Iriana Jokowi menamatkan pendidikannya di SMA Negeri 3 Surakarta pada 1983. Ia juga sempat berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

Akan tetapi ketika baru semester 6, Iriana memutuskan untuk menghentikan kuliahnya demi menikah dengan Joko Widodo. 

Jokowi sendiri pernah menyampaikan hal ini saat meresmikan Masjid Ki Bagus Hadikusumo di lingkungan Universitas Muhammadiyah Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada tahun 2018 lalu. 

“Supaya tahu saja Bu Jokowi juga kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, tapi baru semester enam sudah saya ajak kawin,” kata Presiden RI itu. 

Nama: Iriana 

Tempat Tanggal Lahir: Surakarta, 1 Oktober 1963 

Ayah: Ngadijo 

Ibu: Sri Soenarni

 Suami: Joko Widodo 

Pendidikan terakhir: SMA Negeri 3 Surakarta 1983 

Anak: Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Profil dan Biodata Iriana Jokowi yang Disebut Cawe-cawe Pencalonan Gibran”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya