SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla menghadiri acara Peringatan Hari Damai Aceh yang ke-18 di Taman Shaitanah Shafiafuddin Banda Aceh, Selasa (15/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SURABAYA — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Republik Indonesia pada 15 Agustus 2005 menjadi prototipe perdamaian dunia.

JK menyebut beberapa kali menerima permintaan menjadi juru damai dari beberapa negara yang mengalami konflik internal seperti Filipina, Thailand, Myanmar dan Kolombia.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Negara-negara tersebut meminta JK untuk mendamaikan mereka dengan cara yang sama digunakan JK saat mendamaikan Aceh.

“Sekarang ini Aceh menjadi contoh perdamaian seluruh dunia. Saya diundang Filipina, Thailand, Myanmar, Kolombia,. Semua hanya satu permintaannya minta didamaikan seperti di Aceh,” ujar JK saat memberi sambutan pada acara Peringatan Hari Damai Aceh yang Ke-18 di Taman Shaitanah Shafiafuddin Banda Aceh, Selasa (15/8/2023).

Menurut JK, Aceh menjadi contoh perdamaian karena menerapkan prinsip peace with dignity atau perdamaian dengan kehormatan.

Salah satu yang menggambarkan perdamian dengan kehormatan yakni GAM tidak pernah menyerahkan senjatanya kepada pemerintah namun dimusnahkan sendiri.

Hal itu, menurut JK, merupakan yang pertama terjadi di dunia.

“Salah satunya adalah GAM tidak pernah menyerahkan senjatanya tapi dihancurkan oleh mereka sendiri dan tentara cuman dapat potongan. Belum pernah ada di dunia ini yang seperti itu, biasanya harus serahkan senjata,” jelas JK seperti dikutip Solopos.com dari rilisnya.

Menurut JK, untuk menjaga kepercayaan GAM setiap 30 pucuk senjata yang dimusnahkan diiringi dengan pemulangan 1 batalyon TNI sehingga tidak ada kekhawatiran dari pihak GAM akan diserang ketika telah memusnahkan senjatanya.

Selain itu untuk tetap menjaga kehormatan dari pihak GAM, JK juga meminta setiap kombatan yang keluar dari hutan, diberi pakaian baru dan diantar menggunakan kendaraan roda empat.

Hal itu dimaksudkan JK agar para eks kombatan kembali ke masyarakat dalam keadaan terhormat.

“Inilah perdamaian dengan prinsip dignity for all, karena itulah semua kombatan diberi pakaian baru semua, diantar pakai mobil supaya mereka masuk kota dengan terhormat,” jelas JK.

Untuk diketahui, perdamaian antara pemerintah RI dan GAM dicapai melalui MoU yang ditandatangani di Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005.

Kesepakatan ini merupakan pernyataan perdamaian kedua belah pihak setelah lebih dari 30 tahun berkonflik dengan korban jiwa lebih dari 5.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya