SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala daerah, dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat groundbreaking pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). (ANTARA/Indra Arief)

Solopos.com, BALIKPAPAN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mulai beroperasi penuh pada Desember 2024.

Jokowi melibatkan mantan Gubernur Jawa Barat yang juga seorang arsitek unggul, Ridwan Kamil, dalam pembangunan Bandara IKN.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Ridwan Kamil diundang secara khusus oleh Presiden Joko Widodo dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Bandara IKN, Rabu (1/11/2023).

“Pak Ridwan Kamil diundang khusus oleh Bapak Presiden untuk melihat langsung progres pembangunan IKN karena Kang Emil adalah seorang arsitek sehingga bisa (memberikan) masukan sesuai keahlian beliau,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AAGN Ari Dwipayana, saat dihubungi dari Jakarta.

Ridwan Kamil tampak duduk di jajaran depan bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju, Presiden Jokowi, dan para pejabat daerah saat seremoni groundbreaking Bandara IKN.

Ia duduk bersebelahan dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Di sebelah Bambang adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Presiden Jokowi.

Agenda Presiden Jokowi pada Rabu ini adalah meninjau dan meletakkan batu pertama pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di IKN.

Saat meresmikan groundbreaking Bandara IKN, Jokowi menargetkan bandara itu dapat beroperasi penuh pada 2024.

“Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara IKN yang ditargetkan akan beroperasi penuh pada Desember 2024,” tuturnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menurut Jokowi, pembangunan Bandara IKN ditargetkan selesai dan sudah dapat digunakan pada Juni 2024 namun resmi operasional pada Desember 2024.

Kehadiran Bandara IKN, kata Jokowi, sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya