SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan jadwal dan tempat puncak kampanye ketiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Pilpres 2024, lewat Keputusan KPU No. 78/2024.

Puncak kampanye akbar terakhir akan berlangsung pada 10 Februari 2024. Pada hari puncak itu, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dijadwalkan berkampanye di Jakarta International Stadion (JIS) di Jakarta Utara.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Sementara paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming akan berkampanye di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud Md akan berkampanye di Jawa Tengah.

Sementara itu, dalam lampiran Keputusan KPU No. 78/2024 juga ditentukan jadwal kampanye metode rapat umum paslon di masing-masing pembagian zonasi. Lokasi kampanye dibagi menjadi tiga zonasi.

Zona A terdiri dari Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua Pegunungan.

Zona B terdiri dari Sumatra Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.

Zona C terdiri dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Tengah.

Kampanye metode rapat umum dimulai pada 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024. Untuk jadwal kampanye AMIN, hari pertama di Zona A, hari kedua di Zona B, hari ketiga di Zona C, hari keempat kembali di Zona A, dan seterusnya.

Sementara jadwal kampanye Prabowo-Gibran, hari pertama di Zona B, hari kedua di Zona C, hari ketiga di Zona A, hari keempat kembali di Zona B, dan seterusnya.

Sedangkan jadwal kampanye Ganjar-Mahfud, hari pertama di Zona C, hari kedua di Zona A, hari ketiga di Zona B, hari keempat kembali di Zona C, dan seterusnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Puncak Kampanye Akbar: AMIN di JIS, Prabowo-Gibran di GBK, Ganjar-Mahfud di Jateng”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya