SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO — Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih meraih elektabilitas paling tinggi di Jawa Tengah (Jateng) dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang digelar pada 30 Desember 2023 – 6 Januari 2024.

Dipantau dalam siaran langsung di Youtube, tren elektabilitas Ganjar Pranowo di Jateng cukup stagnan sebelum pengumuman calon wakil presiden (cawapres).

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Dia stabil di angka 60 hingga 70 persen sebelum survei pada 27 Oktober 2023, yang setelahnya terus menurun setelah pengumuman cawapres meski tetap meraih elektabilitas tertinggi di 49,4 persen

Sebaliknya, tren capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang sebelumnya tak pernah sampai 30 persen sebelum pengumuman cawapres, langsung melejit menyusul Ganjar pada survei 23 November 2023, setelah pengumuman cawapres Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan tren elektabilitas Anies Baswedan di Jateng perlahan naik, meski tak bisa menyusul Ganjar dan Prabowo.

Berikut perincian hasil Survei Indikator Politik Indonesia 30 Desember 2023 – 6 Januari 2024 di Jawa Barat, Jawa Timur,  dan Jawa Tengah:

Jawa Barat:

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (55,9%)

Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (25,7%)

Ganjar Pranowo – Mahfud MD (14,7%) 

Jawa Timur:

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (48,2%) 

Ganjar Pranowo – Mahfud MD (24,5%)

Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (21,7%)

Jawa Tengah:

Ganjar Pranowo – Mahfud MD (42,4%) 

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming (41,4%)

Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (10,1%)

Survei Indikator: Jateng Masih Banteng! Ganjar-Mahfud Juara, Dipepet Prabowo-Gibran
Elektabilitas 3 capres di Jawa Tengah menurut Survei Indikator Politik Indonesia. (Istimewa/Tangkapan Layar)

“Jateng, kabar baik buat Pak Prabowo, kabar buruk buat Mas Ganjar karena selisihnya kecil sekali. Jadi kita tidak tahu siapa yang unggul di Jateng. Mas Anies masih berjuang, ada kenaikan tapi sangat tidak signifikan,” simpul Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi ketika memaparkan hasil survei secara daring, Kamis (18/1/2024).

Menurut basis politik, Prabowo mayoritas pada basis partai-partai pengusungnya. Ganjar mayoritas pada basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tapi terbelah besar ke Prabowo, Anies mayoritas pada basis Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem, sementara pada basis Partai Kebangkitan (PKB), Anies unggul tapi tidak mayoritas.

Dalam paparan hasil survei yang diterima Solopos.com, survei nasional Indikator ini diselenggarakan dengan wawancara tatap muka. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2 persen. 

Jumlah responden sebanyak 4.560 orang, dengan oversample di 13 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya