SOLOPOS.COM - Foto udara sejumlah kendaraan roda empat melintas di Jalan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (31/3/2024). (Antara/Makna Zaezar)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah resmi menerapkan sistem one way atau satu arah di tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jawa Tengah menuju GT Cikampek Utama pada Sabtu (13/4/2024) pukul 15.00 WIB atau H+3 Lebaran guna melancarkan arus balik.

“Kami resmi menerapkan sistem one way,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Semarang, sebagaimana dilansir Antara.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Ia mengatakan penerapan one way saat ini beda dengan tahun lalu yang dilakukan serentak. Sebab hari ini di gerbang tol lain sudah dibuka satu arah.

“Saya mohon pemudik untuk mematuhi aturan yang ada, cek saldo elektronik tol, dan pastikan BBM cukup,” katanya.

Ia juga meminta pemudik memanfaatkan rest area di sepanjang jalan dan jika penuh maka pemudik bisa keluar tol terlebih dahulu untuk beristirahat.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sistem one way sudah dapat dilaksanakan dan pihaknya sudah memantau dari Solo, Boyolali, Salatiga, hingga Banyumanik dan memang pergerakan kendaraan tinggi.

“Kami apresiasi seluruh petugas yang terlibat dalam menyukseskan arus mudik ini,” kata dia

Ia meminta agar pemudik tidak parkir di bahu jalan yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Apabila letih maka silahkan beristirahat agar fokus membawa kendaraan,” kata dia.

Kakorlantas Polri Irjen Pol.Aan Suhanan mengatakan penerapan sistem one way ini dilakukan pukul 15.00 WIB dari GT Kalikangkung KM 414 hingga GT Cikampek Utama KM 72.

“Selanjutnya nanti akan disambut dengan sistem contraflow (mengambil sebagian jalur dari arah berlawanan) dan kami mengajak pemudik berhati-hati dalam melakukan arus balik,” kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya