SOLOPOS.COM - Suasana arus balik Lebaran 2023 di GT Kalikangkung, Selasa (25/4/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Kebijakan potongan atau diskon tarif tol kembali diberlakukan untuk arus balik Lebaran 2024.

Diskon ini berlaku di jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta. Besaran diskon tersebut adalah potongan 20% dari tarif normal.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, potongan tarif tol itu hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang ke Jakarta. Artinya, pengendara yang mendapat diskon tol ini adalah yang melakukan tap in dari Gerbang Tol Kalikangkung dan tap out di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Faiza menambahkan, potongan tarif hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-Toll). Potongan tarif tidak berlaku apabila transaksi dengan saldo e-Toll tidak mencukupi atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Untuk itu sebelum memulai perjalanan, kata Faiza lagi, agar masyarakat memastikan kecukupan saldo e-Toll minimal Rp500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta, sehingga menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama serta menghindari antrean di gerbang tol.

“Potongan tarif 20% akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan,” ujar Faiza.

Diskon tarif tol ini diberlakukan mulai 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Dengan adanya diskon tersebut, maka tarif kumulatif yang harus dibayar pengendara adalah sebagai berikut:

Kendaraan Golongan I: Rp 421.500 jadi Rp 337.200
Kendaraan Golongan II dan III: Rp 649.500 jadi Rp 519.600
Kendaraan Golongan IV dan V: Rp 856.500 jadi Rp 685.200

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol, karena gangguan sekecil apa pun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan.

“Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin (15/4/2024) untuk menghindari penumpukan kendaraan,” ujar Faiza.

Faiza juga berharap bagi pengguna jalan yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang, agar dapat mengatur waktu perjalanan balik lebih akhir untuk perjalanan yang lebih nyaman sekaligus dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 20% untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta.

“Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga,” kata Faiza lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya