SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai ada kepadatan pada Sabtu (23/12/2023) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian akan mulai memberlakukan sistem satu arah atau one way saat arus balik Lebaran 2024 mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung Semarang hingga Tol Cikampek Utama pada Sabtu (13/4/2024) mulai pukul 14.00 WIB.

“Tidak jadi hari ini karena melihat perhitungan lalu lintas untuk arus balik,” kara Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Sonny Irawan di Semarang, Jumat (12/4/2024).

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Sistem satu arah pada awalnya direncanakan mulai 12 April 2024 pukul 14.00 WIB. Namun PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan, pemberlakuan sistem satu arah (one way) dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 ke Gerbang Tol Utama Cipali KM 72 yang sejatinya diberlakukan Jumat siang pukul 14.00 WIB ditunda.

“Kami mendapat informasi penundaan dari pihak kepolisian karena pergerakan kendaraan di saat arus balik ini belum signifikan,” kata Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, di Cikampek.

Ia mengatakan masih belum signifikan kendaraan dan jumlah kendaraan yang masih di bawah indikator membuat pihak kepolisian menunda pemberlakuan sistem ini.

“Ini sifatnya situasional sesuai dengan kondisi kendaraan dan untuk pemberlakuan sistem ini nanti akan diumumkan RTMC Polri,” kata dia.

Sistem one way akan dimulai pada Sabtu pukul 14.00 WIB yang rencananya dilepas oleh Kakorlantas Polri dan Kapolda Jawa Tengah.

Menurut dia, sistem satu arah akan diberlakukan secara situasional melihat perkembangan perhitungan arus lalu lintas.

“Kalau situasi masih padat, pemberlakuan one way akan diteruskan sampai 16 April 2024,” katanya seperti dikabarkan Antara.

Dirlantas Polda Jateng memperkirakan puncak arus balik Lebaran pada Senin (15/4/2024).

Saat arus balik ini, lanjut dia, terdapat beberapa titik di Jawa Tengah yang menjadi perhatian, seperti arus kendaraan mulai dari Gerbang Tol Banyumanik hingga Kalikangkung.

Selain itu, lanjut dia, kepadatan di jalur tol fungsional Solo-Yogyakarta serta jalur selatan mulai Pejagan sampai Bumiayu.

Ia memastikan Polda Jawa Tengah menyiapkan diri untuk memberi pengamanan selama arus balik Lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya