SOLOPOS.COM - Elektabilitas Prabowo Subianto mendominasi pemilih dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia periode 25 September-1 Oktober 2023. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Elektabilitas Prabowo Subianto mendominasi pemilih dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia periode 25 September-1 Oktober 2023.

Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, dalam keterangan yang diterima di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/10/2023), mengatakan Prabowo dinilai oleh responden sebagai sosok bakal capres harapan warga Nahdliyin, dengan sebanyak 41,7 persen responden mendukung Prabowo, disusul Ganjar Pranowo 37,5 persen dan Anies Baswedan 14,6 persen.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Melimpahnya suara NU di Jawa Timur memang menjadi pemantik para bakal capres untuk berebut suara di wilayah itu. Terlebih ada sebanyak 80,1 persen para pemilih yang merasa dekat dengan NU,” kata Arya Budi, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Selain mengantongi keunggulan dari sisi pemilih NU, elektabilitas Prabowo dalam simulasi tiga nama juga masih mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Prabowo mengantongi dukungan sebesar 40,6 persen, diikuti Ganjar 38,2 persen dan Anies 13,6 persen.

Jika dibedah lebih dalam dari survei tersebut, Prabowo mengalami tren kenaikan cukup tinggi dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Terhitung sejak bulan Juni hingga September 2023, Prabowo mengalami kenaikan hingga 5,8 persen, dari semula 34,8 persen menjadi 40,6 persen.

Kemudian, elektabilitas Ganjar dan Anies juga sama-sama mengalami kenaikan.

Pada bulan Juni menuju September 2023, kenaikan elektabilitas Ganjar sebesar 2,6 persen atau dari 35,6 persen menjadi 38,2 persen.

Adapun Anies Baswedan naik sebesar 4,3 persen atau dari 9,3 persen pada Juni menjadi 13,6 persen pada September.

Survei Poltracking Indonesia tersebut melibatkan 1.000 responden di Jawa Timur dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling), margin kesalahan (margin of error) kurang lebih 3,1 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

KPU memutuskan membuka pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 pada 19-25 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya