SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA —  Hasil survei dua lembaga, Polling Institute dan Survey dan Polling Indonesia (SPIN), menempatkan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi yang teratas kandidat paling kuat sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Polling Institute melakukan survei pada 1-3 Oktober 2023 sedangkan SPIN periode survei 29 September-7 Oktober 2023.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Berikut dokumentasinya seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Jumat (13/10/2023).

1. Polling Institute

Survei Polling Institute mencatat, dalam simulasi tiga nama semi terbuka dukungan Erick sebagai cawapres pendamping Prabowo unggul sebesar 37,1 persen bila dibandingkan dengan Gibran yang meraih dukungan sebesar 20,7 persen, disusul Khofifah Indar Parawansa sebesar 14,8 persen.

“Pak Erick unggul jauh yakni dipersepsi publik sebagai kandidat yang paling pantas mendampingi Pak Prabowo,” kata Peneliti Polling Insitute, Kennedy Muslim.

Dia menyebut duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir sebagai pasangan bakal capres-cawapres juga unggul bila dibandingkan dengan simulasi pasangan lainnya.

Dalam simulasi tiga pasangan, dukungan untuk Prabowo Subianto–Erick Thohir mencapai 39,5 persen, unggul bila dibandingkan duet simulasi Ganjar Pranowo dengan Mahfud Md., dan Anies Baswedan yang dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar.

“Pada simulasi tiga pasangan, Prabowo-Erick mendapatkan dukungan sebesar 39,5 persen, unggul atas Ganjar-Mahfud (28,8 persen) dan Anies-Muhaimin (17,4 persen),” ujarnya.

Dalam simulasi tiga pasangan lainnya, lanjut dia, duet Prabowo Subianto–Erick Thohir juga unggul sebesar 39,2 persen, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Khofifah Indar Parawansa dengan dukungan 28,5 persen, lalu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 18,9 persen.

Adapun Erick Thohir menempati urutan kedua dalam simulasi sembilan nama pilihan wakil presiden.

Erick meraih dukungan sebesar 14,5 persen, menyusul Sandiaga Uno di urutan pertama dengan dukungan sebesar 16,5 persen.

Lalu, urutan ketiga hingga sembilan berturut-turut ditempati oleh Ridwan Kamil (14 persen), Mahfud Md. (11,1 persen), Gibran Rakabuming (9,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (6,8 persen), Muhaimin Iskandar (5,2 persen), Andika Perkasa (3,3 persen), dan Puan Maharani (2,7 persen).

Survei Polling Institute dilakukan pada 1-3 Oktober 2023 dengan populasi survei yang terdiri atas warga negara Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler.

Pengambilan sampel dilakukan terhadap 1.206 responden melalui sambungan telepon, dengan margin of error sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

2. Survey dan Polling Indonesia (SPIN)

Hasil survei terbaru dari SPIN menunjukkan mayoritas responden menilai Erick Thohir berpeluang paling kuat menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Direktur SPIN, Igor Dirgantara, menyebut Erick Thohir mendapatkan mayoritas suara responden yaitu sebanyak 25,7 persen dari total 1.230 responden yang diwawancarai pada periode survei 29 September-7 Oktober 2023.

“Dari enam bakal cawapres untuk Prabowo yang dimunculkan dalam survei ini; Erick Thohir, Gibran Rakabuming, dan Ridwan Kamil adalah tiga bakal cawapres yang dipilih publik (responden) untuk mendampingi Prabowo,” kata Igor dalam paparannya.

Dalam survei itu, Gibran Rakabuming Raka memperoleh 23,1 persen; Ridwan Kamil 19,1 persen; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 8,2 persen; Khofifah Indar Parawansa 7 persen; dan Airlangga Hartarto 3,3 persen.
Sementara itu, 13,6 persen responden memilih untuk tidak menjawab.

Hingga ini, Prabowo Subianto belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pendampingnya.

Prabowo disebut-sebut tujuh kali melamar Presiden Jokowi agara Gibran mau menjadi cawapresnya.

Kepastian bisa tidaknya Gibran menjadi cawapres akan ditentukan oleh putusan Mahkamah Konstitusi pada pekan depan soal usia capres/cawapres.

Sejumlah pihak menggugat pasal dalam UU Pemilu tentang batas usia capres/cawapres dari 40 tahun menjadi 35 tahun.

Saat ini Gibran berusia 35 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya