SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo bersama para artis berjalan memasuki stasiun untuk menaiki LRT Jabodebek menuju Stasiun Dukuh Atas di Stasiun Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023). Presiden Joko Widodo menyatakan LRT Jabodebek akan beroperasi pada 26 Agustus mendatang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Solopos.com, SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat mengenakan pakaian adat dari daerah Tanimbar Maluku di Sidang Tahunan MPRI RI pada Rabu, 16 Agustus 2023. Dari siarang langsung yang tayang di Metro TV, dalam acara tersebut, Jokowi tampak ditemani Ibu Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya berwarna emas.

Pakaian adat tersebut semakin apik dengan kemeja putih yang dikenakan Jokowi. Selain itu, terdapat kain tenun Tanimbar berwarna cokelat gelap yang membalut bagian dada dan punggungnya serta hiasan kepala berwarna hitam dan kalung berornamen putih yang dikenakan Jokowi.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kemudian, pakaian adat tersebut jgua dilengkapi dengna ornamen besar berbentuk lingkaran di bagian dada dan sabuk berbahan tenu berwarna hitam.

Pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR tersebut terlihat cocok dengan setelan busana yang dipakai Iriana Jokowi yang dilengkapi dengan selendang dengan warna yang senada bajunya.

presiden jokowi kenakan busana maluku
Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat dari Tanimbar, Maluku (kanan) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melambaikan tangan saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR – DPD Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dalam Sidang Tahunan MPR RI ini, juga hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengenakan pakaian adat dari Betawi serta Ibu Wuri Ma’ruf Amin yang mengenakan kebaya khas Nusantara.

Mengutip laman resmi Sekretariat Kabinet, dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan membuka secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB. Agenda ini dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Presiden akan berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya