SOLOPOS.COM - Tomat (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tomat merupakan tumbuhan yang asalnya dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan Meksiko sampai Peru.

Pohon tomat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter dengan warna buah beragam seperti merah, hijau, dan kuning.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tomat biasa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi minuman seperti jus dan makanan seperti untuk campuran sambal, tumisan, dan sayur lainnya.

Tomat dapat ditanam di ladang, pekarangan, atau dapat ditemukan liar pad adaerah yang memiliki ketinggian 1 hingga 1600 meter di atas permukaan laut.

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id yang diakses pada Senin (31/7/2023), tomat memiliki kandungan zat berwarna merah yang paling banyak terdapat pada buah tersebut yaitu Likopen.

Likopen memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain Likopen, tomat juga mengandung banyak serat, vitamin C yang cukup tinggi, kalium, vitamin K1, vitamin B9 atau folat, beta karoten, flavonoid, dan asam klorogenat.

Kandungan nutrisi yang banyak pada tomat membuat tomat memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satu manfaat mengonsumsi tomat yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan Likopen dan Beta Karoten yang ada di tomat dapat menjaga kesehatan jantung.

Selain itu manfaat tomat yang lain yaitu mencegah kanker karena tomat banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker, tomat juga dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan saat hamil.

Badan Pusat Statistik (BPS) RI melaporkan bahwa pada tahun 2022 Indonesia berhasil menghasilkan 1.168.744 ton tomat.

Berikut merupakan data provinsi yang paling banyak menghasilkan tomat di Indonesia.

1. Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi yang paling banyak menghasilkan tomat di Indonesia.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI pada tahun 2022, Provinsi Jawa Barat menghasilkan sebanyak 272.961 ton tomat. Kabupaten Garut menjadi daerah yang paling banyak menghasilkan tomat di Provinsi Jawa Barat.

Dilansir dari opendata.jabarprov.go.id, Kabupaten Garut memproduksi 101.771 ton tomat pada tahun 2021.

Daerah lain yang juga menghasilkan tomat paling banyakj di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bogor.

2. Sumatra Utara

Provinsi kedua yang paling banyak menghasilkan tomat di Indonesia adalah Provinsi Sumatra Utara.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Sumatra Utara berhasil memproduksi 183.015 ton tomat. Kabupaten Karo menjadi daerah yang paling banyak memproduksi tomat pada tahun 2018.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Sumatra Utara, pada tahun 2018 Kabupaten Karo berhasil memproduksi tomat sebanyak 717.280 kuintal.

Daerah lain yang memproduksi tomat paling banyak di Provinsi Sumatra Utara yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten Tapanuli Selatan.

3. Sumatra Barat

Provinsi Sumatra Barat menjadi provinsi nomor 3 yang memiliki hasil produksi tomat terbanyak di Indonesia.



Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, pada tahun 2022 Provinsi Sumatra Barat berhasil memproduksi 118.635 ton tomat.

Kabupaten Solok menjadi daerah yang palig banyak menghasilkan tomat di Provinsi Sumatra Barat.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Sumatra Barat, pada tahun 2020 Kabupaten Solok menghasilkan 62.620,80 ton tomat.

Daerah lain yang juga memproduksi banyak tomat di Provinsi Sumatra Barat yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

4. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi nomor 4 yang menghasilkan tomat paling banyak di Indonesia.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS RI, Provinsi Jawa Timur berhasil memproduksi tomat sebanyak 102.099 ton pada tahun 2022.

Kabupaten Malang merupakan daerah yang paling banyak menghasilkan tomat di Provinsi Jawa Timur.

Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2022 Kabupaten Malang memproduksi tomat sebanyak 454.192 kuintal.

Jumlah ini bertambah dari daya yang dilaporkan pada tahun 2021 yaitu sebanyak 430.905 kuintal tomat.

Daerah lainnya yang menghasilkan tomat terbanyak di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Kediri, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Magetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya