SOLOPOS.COM - Pekerja memanen jambu air merah delima di perkebunan Desa Botorejo, Wonosalam, Demak, Jateng, Senin (10/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SOLOJambu air merupakan tumbuhan buah-buahan dari suku jambu-jambuan. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini mudah untuk ditanam dan dibudi daya.

Bentuk buah ini seperti gasing atau lonceng, memiliki pangkal yang kecil dan ujungnya melebar. Lekukan sisinya memisahkan antara bagian pangkal dengan ujungnya.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Saat masih muda, buah ini akan berwarna hijau muda dan berubah menjadi merah tua jika sudah matang. Daging buah ini berwarna putih dan banyak sekali mengandung air. Biji buah ini berbentuk seperti ginjal, warnanya putih tetapi bisa berubah menjadi cokelat.

Bersumber dari dlh.probolinggokab.go.id yang diakses pada Selasa (25/7/2023), tumbuhan ini berasal dari daerah Indo Cina dan Indonesia. Selanjutnya tersebar ke Malaysia dan beberapa pualu di Pasifik. Jambu air dapat tumbuh di daerah dengan iklim kering dan curah hujan rendah sekitar 500-3.000 mm/tahun.

Buah jambu air mengandung banyak gula dan vitamin C. selain dinikmati secara langsung, jambu air kini sudah banyak dikreasikan menjadi berbagai inovasi makanan seperti sirup, jeli, dan selai. Jambu air juga bisa dinikmati sebagai rujak dan asinan. Selain buahnya, kulit batangnya juga dapat digunakan sebagai obat.

Pada tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat bahwa Indonesia memproduksi 237.565 ton buah jambu air. Berikut merupakan provinsi yang paling banyak memproduksi jambu air di Indonesia.

1. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi nomor 1 yang menghasilkan jambu air paling banyak di Indonesia. Menurut laporan BPS, pada tahun 2022 Provinsi Jawa Tengah berhasil memproduksi 66.007 ton jambu air.

Kabupaten Demak menjadi kabupaten yang berhasil memproduksi jambu air paling banyak di Provinsi Jawa Tengah. Menurut data BPS Jawa Tengah, Kabupaten Demak memproduksi 149.881 kuintal jambu air pada tahun 2020.

Kabupaten lain yang memproduksi jambu air paling banyak di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Grobogan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jepara.

2. Jawa Barat

Provinsi kedua yang paling banyak memproduksi jambu air di Indonesia yaitu Provinsi Jawa Barat. Menurut data laporan BPS, pada tahun 2022 Provinsi Jawa Barat berhasil memproduksi 33.838 ton jambu air.

Dilansir oleh opendata.jabarprov.go.id, Kabupaten Bandung menjadi kabupaten yang paling banyak memproduksi jambu air di Provinsi Jawa Barat yaitu sebanyak 50.516 pohon pada tahun 2022.

Kabupaten lain yang memproduksi jambu air paling banyak di Jawa Barat adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Majalengka.

3. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur menduduki posisi nomor 3 sebagai provinsi yang memproduksi jambu air paling banyak di Indonesia. Menurut laporan data BPS pada tahun 2022, Provinsi Jawa Timur berhasil memproduksi 26.716 ton jambu air.

Menurut data BPS Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro menjadi kabupaten dengan hasil produksi jambu air paling banyak di Provinsi Jawa Timur yaitu sebanyak 428.201 kuintal pada tahun 2022.

Kabupaten lain yang memproduksi jambu air terbanyak di Jawa Timur yaitu Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Malang.

4. Sumatra Utara

Provinsi ke-4 yang memproduksi jambu air paling banyak di Indonesia adalah Provinsi Sumatra Utara. Menurut data laporan BPS, pada tahun 2022 Provinsi Sumatra Utara menghasilkan 16.329 ton buah jambu air.

Kabupaten Asahan menjadi kabupaten yang paling banyak memproduksi jambu air di Provinsi Sumatra Utara menurut BPS Sumatra Utara pada tahun 2020 yaitu sebanyak 36.466 kuintal.

Kabupaten lain yang juga banyak memproduksi jambu air di Sumatra Utara yaitu Kabupaten Langkat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten Deli Serdang.

5. Lampung

Provinsi Lampung menjadi provinsi nomor 5 dengan hasil produksi jambu air paling banyak di Indonesia. Menurut data laporan BPS, pada tahun 2022 Provinsi Lampung berhasil memproduksi 16.080 ton buah jambu air.

Menurut data laporan BPS Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Timur menjadi kabupaten dengan hasil produksi jambu air paling banyak di Provinsi Lampung yaitu sebanyak 20.513 kuintal pada tahun 2021.

Kabupaten lain yang memproduksi jambu air paling banyak di Provinsi Lampung yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tulang Bawang, dan Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya