SOLOPOS.COM - Ilustrasi BLT, BST, PKH, BNPT, bantuan sosial, bansos. (Suara.com)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah berencana melanjutkan program bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) pada 2024. Berikut daftar BLT yang kemungkinan dicairkan pada 2024.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan pun telah menetapkan alokasi belanja perlindungan sosial, yaitu sebesar Rp496,8 triliun. Beberapa program yang akan di lanjutkan di antaranya PKH, bantuan sembako, Program Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Pintar, hingga El Nino.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

BLT El Nino

BMKG memprediksi bahwa fenomena El Nino di Indonesia akan lebih panjang, hingga April 2024. Situasi ini pun membuat Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah akan mempertimbangkan kelanjutan bantuan ini di 2024.

Namun sebelum itu, pemerintah akan melakukan evaluasi terkait penyaluran BLT El Nino pada Januari 2024. “Dari hasil dialog, sebagian besar atau hampir seluruhnya [penerima] minta agar program ini dilanjutkan tahun depan. Jadi, tentu saya akan bahas dengan Presiden,” ujar Airlangga, di Kantor Pos Oceania, Daan Mogot, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (29/12/2023).

PKH dan Kartu Sembako

Bantuan lain yang akan berlanjut pada 2024 yakni PKH dan Kartu Sembako yang anggarannya meningkat menjadi Rp81,2 triliun, dari Rp7,4 triliun.

Bansos Beras 10 Kg

Bantuan Sosial (bansos) berupa pemberian beras 10 kg juga akan diperpanjang oleh pemerintah hingga Juni 2024.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar Bansos Cair Pada 2024, BLT El Nino Berlanjut hingga April?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya