SOLOPOS.COM - Gunung Everest. (Istimewa/wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pesona gunung tertinggi di dunia merupakan salah satu keajaiban alam yang paling menakjubkan di muka bumi ini.

Gunung-gunung tersebut telah menjadi sumber inspirasi selama berabad-abad dan terus memukau kita dengan ukuran dan keagungannya.

Promosi Semarak Bulan Pelanggan Candi Elektronik

Ya, seperti yang banyak orang ketahui puncak Gunung Everest dinobatkan sebagai puncak paling tertinggi dunia. Dilansir dari Discovery, berikut daftar gunung tertinggi dunia yang wajib Anda ketahui.

1. Gunung Everest (8.848 meter)

Gunung Everest terletak di Himalaya, di perbatasan antara Nepal dan Tibet (China). Pendakian Gunung Everest pertama sukses dilakukan Sir Edmund Hillary dari Selandia Baru dan Tenzing Norgay, seorang Sherpa dari Nepal pada 29 Mei 1953.

Gunung tertinggi ini memiliki ketinggian mencapai 29.029 kaki (8.848 meter) di atas permukaan laut. Berada di puncak tertinggi tentu memiliki banyak risiko untuk perjalanan mendaki.

Terlepas dari risikonya, lebih dari 500 orang berupaya mencapai puncak Everest setiap musim semi. Bagi para pendaki, ini adalah uji kekuatan dan daya tahan fisik mereka.

2. Gunung K2 (8.611 meter)

Gunung tertinggi kedua di dunia berdiri di perbatasan antara Pakistan dan Cina. K2 mendapatkan namanya selama survei Trigonometri Hebat di British India yang dimulai pada awal abad ke-19.

Hanya 778 kaki lebih pendek dari Everest, Gunung K2 juga merupakan salah satu yang paling mematikan. Kecuraman dan kondisi cuacanya yang berbahaya ditambah dengan tingginya jumlah kematian yang terjadi di lereng gunung membuatnya mendapat julukan ‘Gunung Liar’.

3. Kangchenjunga (8.586 meter)

Kanchenjunga ini terletak di perbatasan antara Nepal dan India. Nama “Kangchenjunga” berarti “Lima Harta Karun Salju” dalam bahasa Tibet.

Pendaki Inggris yang pertama kali mencapai puncak Kangchenjunga pada tahun 1955 ini, yakni Joe Brown dan George Band. Mereka berhenti tepat di puncak paling atas untuk menghormati kepercayaan masyarakat Sikkam setempat yang menganggap Kangchenjunga suci.

4. Lhotse (8.516 meter)

Terletak di wilayah Everest Nepal. Itu adalah gunung tertinggi keempat di dunia.

Nama “Lhotse” berarti “Puncak Selatan” dalam bahasa Tibet. Ini mengacu pada lokasinya di puncak paling selatan dari pegunungan Everest.

Gunung Lhotse bisa dikatakan curam secara teknis. Untuk mencapai puncak, para pendaki harus mendaki bagian panjat tebing yang dikenal sebagai “Jalur Kuning”.

Pendakian Gunung Lhotse pertama yang berhasil dilakukan oleh Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss dalam ekspedisi Swiss pada tahun 1956.

5. Makalu (8.485 meter)

Makalu adalah gunung berbentuk piramida yang tampak dramatis di pegunungan Himalaya Mahalangur, Nepal. Itu hanya masuk dalam daftar 5 gunung tertinggi di dunia dan hanya berjarak 19 km dari Everest.

Nama “Makalu” berasal dari kata Sansekerta “Maha Kala”, yang berarti “Hitam Besar”. Ini mengacu pada bebatuan granit gelap yang menutupi sebagian besar lereng gunung yang curam.

Gunung ini pertama kali didaki pada tahun 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy dari Perancis. Sejak itu, Makalu telah didaki oleh banyak pendaki berpengalaman dari seluruh dunia.

Lantaran letaknya yang terpencil dan medan yang sulit, Makalu masih dianggap sebagai salah satu gunung yang paling menantang untuk didaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di WhatsApp Komunitas dengan klik Solopos News Update dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
youth writing contest
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Solopos Stories
Berita Lainnya