SOLOPOS.COM - Ilustrasi sungai lintas negara (Freepik)

Solopos.com, SOLOSungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia. Selain Sungai Nil, masih terdapat beberapa sungai di dunia yang terbilang juga lumayan panjang.

Dikutip dari WorldAtlas, berikut daftar 5 sungai terpanjang di dunia:

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

1. Sungai Nil (6.650 Km)

Dengan panjang sekitar 6.650 kilometer, Sungai Nil mengalir melalui sebagian besar benua Afrika dan mengalir melalui beberapa negara, termasuk Uganda, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Mesir.

Sungai Nil ini difungsikan sebagai sumber utama air dan jalur transportasi. Perairan Sungai Nil menghidupi sekitar 40% populasi Kenya dan merupakan rumah bagi sejumlah hewan.

2. Sungai Amazon (6.400 Km)

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia dengan panjang 6.400 kilometer. Ini adalah sungai terbesar di dunia juga dengan volume atau volume debit terbesar.

Sungai ini mengalir melalui tiga negara di Amerika Selatan yaitu Brasil, Peru, Kolombia, dan bermuara di Samudera Atlantik. Daerah di sekitar sungai terkenal sebagai hutan Amazon dengan daerah yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

3. Sungai Yangtze (6.300 Km)

Sungai Yangtze di China sepanjang 6.300 kilometer dan merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia serta sebagai sungai terpanjang di Asia. Sungai mengalir ke arah timur melintasi sebagian besar China, bermuara ke Laut China Timur.

Yangtze adalah sumber air utama di China dan memiliki cekungan drainase yang mencakup sekitar sepertiga dari populasi negara tersebut.

4. Sungai Mississippi (6.270 Km)

Sungai Mississippi-Missouri di Amerika Serikat bagian selatan memiliki panjang 6.270 kilometer. Sungai Missouri dan Mississippi adalah dua sungai terpanjang di AS. Lantaran mengaliri satu sama lain, Sungai Missouri dan Mississippi sering dianggap sebagai satu sungai besar.

Daerah ini adalah rumah bagi berbagai hewan dan reptil seperti buaya, kura-kura, dan berbagai spesies ikan, serta unggas air, baik yang bermigrasi maupun sepanjang tahun.

5. Sungai Yenisei-Angara-Selenga (5.500 Km)

Sistem ini terdiri dari beberapa sungai yang mengalir melalui Rusia dan Mongolia lalu bermuara di Samudra Arktik. Meskipun sungainya tidak terlalu dalam, alirannya mengalir ke Danau Baikal, yaitu danau terdalam dan tertua di dunia.

Banyak ikan hidup di Yenesei. Tepiannya merupakan habitat penting bagi rusa kutub yang bermigrasi, kawanan Aimyr, rusa kutub tundra terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya