SOLOPOS.COM - Suasana SPKLU di Rest Area 379A Batang, Jumat (5/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, BATANG—Tim Ekspedisi Mudik Solopos 2024 ketika berada di Rest Area 379A, Jumat (5/4/2024) menemui salah satu pengguna Electric Vehicle (EV) atau mobil listrik di ruas Tol Semarang-Batang.

Dia adalah pemudik asal Jakarta, Bambang Setyo, 48, yang menggunakan mobil Hyundai Kona Electric hitam untuk mudik ke Yogyakarta.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Bambang mengaku sudah menggunakan EV untuk mudik Jakarta-Yogyakarta sejak 2021 lalu. Dia mengatakan alasannya beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik lantaran lebih irit.

“Mobil listrik bisa lebih hemat karena hampir tidak ada perawatan, servis paling hanya pengecekan pendingin. Kalau oli kan enggak ada,” kata dia berbincang dengan Tim Ekspedisi Mudik, Jumat.

Dia mengaku untuk perjalanan Jakarta-Yogyakarta dirinya mengisi token tidak sampai Rp200.000. Lebih lanjut disampaikan selama perjalanan tersebut relatif aman karena stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang disediakan PLN sudah tersebar di beberapa titik.

“Sejauh ini pengisian daya aman karena sekarang tempat pengecasan sudah banyak, di Semarang juga sudah ada. Biasanya Jogja-Jakarta butuh tiga kali ngecas,” lanjut dia.

Bambang mengatakan kendala menggunakan mobil listrik saat Lebaran hanya ketika harus antre mengisi daya. Menurutnya ketika arus mudik SPKLU terkadang ramai digunakan.

Selain itu dia harus melakukan estimasi waktu agar tidak molor sampai tujuan. Sebab pengisian daya mobil listrik memerlukan waktu lebih dari satu jam untuk sekali pengisian.

“Kalau sisa baterai 25 persen sampai full memerlukan waktu satu setengah jam. Ya, itu risiko menggunakan mobil listrik. Jadi kalau untuk mengejar waktu memang tidak bisa karena total mengisi bisa makan waktu 4 jam,” kata dia.

Ketika berangkat dari Jakarta dirinya terkena macet ketika melintasi Cikampek. Namun menurutnya kondisi lalu lintas menuju Yogyakarta masih ramai lancar.

PLN sudah menyediakan SPKLU di sejumlah lokasi. Hal ini merupakan bagian dari komitmen PLN dalam pelayanan untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan terutama dalam momen penting seperti mudik lebaran.

Berdasarkan rilis, berikut adalah sebaran SPKLU Siaga Lebaran 2024, Tol Trans Jawa, Jawa Tengah:

1. SPKLU Rest Area 252A Brebes

2. SPKLU Rest Area 260B Brebes

3. SPKLU Rest Area 282B Slawi

4. SPKLU Rest Area 275A Tegal

5. SPKLU Rest Area 287A Tegal

6. SPKLU Rest Area 294B Tegal

7. SPKLU Rest Area 319B Pemalang

8. SPKLU Rest Area 360B Batang

9. SPKLU Rest Area 379A Batang

10. SPKLU Rest Area 389B Weleri

11. SPKLU Rest Area 391A + 400 Kendal



12. SPKLU Rest Area 424B Ungaran

13. SPKLU Rest Area 429A + 300 Ungaran

14. SPKLU Rest Area 439 Ungaran

15. SPKLU Rest Area 456A-B Salatiga

16. SPKLU Rest Area 444B Salatiga

17. SPKLU Rest Area 538A-B Sragen

18. SPKLU Rest Area 519A-B Sragen

19. SPKLU Rest Area 487A-B Boyolali

Selain SPKLU tersebut, PLN juga menyiapkan 2 unit “SPKLU Mobile” yang bisa mendatangi pengguna EV yang kehabisan daya di tengah perjalanan sebelum sampai di rest area/titik charging, layanan ini telah diintegrasikan dengan hotline tol.

Seperti tahun sebelumnya keberadaan SPKLU Mobile ini sangat bermanfaat, pemudik lebih merasa aman dan nyaman dalam berkendara tanpa takut kehabisan daya di tengah jalan.

Dalam pelaksanaannya, PLN berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait seperti Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marvest), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jasa Marga dan instansi terkait lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarkan oleh Solopos Media Group. Terlaksana atas didukung Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng-DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya