SOLOPOS.COM - Warga mengisi bahan bakar minyak di SPBU Gebang, Cirebon, Jumat (5/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, BATANG—Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan gas di Jawa Tengah terpenuhi selama lebaran 2024.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Dia mengatakan konsumsi gasoline berupa pertalite, pertamax, dan pertamax turbo di Jawa Tengah dan Yogyakarta diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 23 persen selama masa satuan tugas, pada 25 Maret-21 April 2024.

“Khusus saat puncak kami estimasikan pada Jumat-Sabtu bisa mencapai 60 persen,” kata dia, ketika diwawancara Tim Ekspedisi Solopos  di Rest Area KM 379 Batang, Jumat (5/4/2024).

Kemudian saat arus balik lebaran Brasto juga mengestimasikan penggunaan BBM juga meningkat hingga 60 persen. Lalu Gasoil yakni Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Des justru mengalami penurunan sekitar 8 persen.

“Karena kan industri tutup saat lebaran dan ada pelarangan truk atau kendaraan berat saat lebaran,” kata dia. Selain itu pihaknya juga mengestimasi peningkatan penggunaan gas rumahan lebih dari 4 persen.

Pihaknya sudah menyiagakan pasokan BBM dan gas di Jawa Tengah seperti depot Tegal, Semarang, Boyolali, Cilacap, sampai Yogyakarta. Hal itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pemudik.

“Khusus mudik kali ini kita menambahkan 15 pertashop di rest area yang tidak ada SPBU, kita tambahkan di situ. Kemudian kita stand by kan mobil siga, ada motoris atau delivery service yang bisa diakses dengan menelpon contact center Pertamina 135,” kata dia,

Adapun saat ini, PT Pertamina Patra Niaga membentuk Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) tahun 1445 Hijriyah atau tahun 2024 Masehi yang dibentuk sejak 25 Maret hingga 21 April 2024.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan m Solopos Media Group, dan didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng-DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya