SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman saat menghadiri acara Welcoming Dinner and Cultural Performance KTT G20 2022 di kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa (15/11/2022). ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Fikri Yusuf/wsj.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi dalam rangka pertemuan bilateral pada Oktober 2023. 

Dia mengatakan bahwa kunjungan bilateral itu diharapkan dapat membuka jalan kerja sama yang lebih strategis antara Indonesia dengan Arab Saudi.  

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Bulan Oktober 2023 nanti Presiden Republik Indonesia dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kerajaan Arab Saudi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman,” katanya, setelah hadir di Perayaan Hari Nasional Arab Saudi ke-93 di Hotel Raffles Jakarta, dilansir Bisnis.com.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi menyatakan bahwa kunjungan Jokowi ke Arab Saudi itu direncanakan juga akan menandatangani Majelis Tinggi Indonesia-Arab Saudi yang akan dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman.  

“Kerja sama diantara kedua negara di mana dalam kunjungan tersebut juga direncanakan akan ditandatangani Majelis Tinggi Saudi Arabia-Indonesia di mana akan dipimpin langsung oleh yang mulia Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dan juga sekaligus tentunya dengan bapak Presiden Republik Indonesia,” ujarnya.  

Lebih lanjut, Menag Yaqut percaya bahwa persaudaraan antar kedua negara tersebut akan semakin kuat di tahun-tahun yang akan datang.  

“Dengan komitmen bersama dari pemerintah dan masyarakat kita akan bekerja sama demi kemajuan kedua negara bersaudara ini,” ucapnya. 

Sementara itu, Dubes Faisal menyatakan penandatanganan Majelis Tinggi diharapkan dapat membuka cakrawala baru.  

“Hubungan kerjasama antara dua negara ini juga merupakan momentum untuk meningkatkan arah hubungan yang lebih strategis baik itu di bidang politik, ekonomi, sosial, dan tentu investasi serta ekonomi yang sama-sama diharapkan,” tambahnya.  

Seperti diketahui, Presiden Jokowi berencana akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi pada 19 hingga 20 Oktober 2023. 

Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral sekaligus menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean-GCC (Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk).  

Arab Saudi sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT Asean-GCC juga telah mengkonfirmasi bahwa pelaksanaan digelar di Riyadh, pada 20 Oktober 2023.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi akan Bertemu Pangeran Mohammed bin Salman di Arab Saudi Oktober 2023”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya