SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JK) disopiri pakai mobil listrik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) saat kunjungan ke Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/12/2021). (Tim Media JK)

Solopos.com, JAKARTA — Mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla, kembali viral setelah mengatakan jika modal jadi Ketum Golkar mencapai Rp500 miliar. 

Meski demikian, JK tidak mengatakan secara rinci untuk apa saja modal yang mencapai setengah triliun rupiah tersebut. 

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Kalau sekarang Anda ingin menjadi ketua Golkar, jangan harap kalau Anda tidak punya modal Rp500-600 miliar,” ujar JK dalam seminar Pemuda untuk Politik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023). 

JK mengatakan bahwa modal ini berlaku untuk sebagaian besar partai politik di Indonesia. Sebab saat ini, ada dua partai politik yang tidak membutuhkan modal besar saat pemilihan ketum. 

Kedua partai politik yang dimaksud adalah PDIP dan NasDem. Alasannya sederhana, yakni karena pendiri partainya masih ada. 

Sementara untuk partai-partai yang baru akan go publik dan memilih ketum, maka calon ketua umum harus mengeluarkan modal tersebut.

“Hampir semua partai begitu, terkecuali partai yang pendirinya masih ada kayak PDIP, NasDem. Tapi partai yang sudah go publik, artinya pemilihannya [pemilihan menjadi ketua umum] itu butuh biaya besar,” ungkap JK. 

Sebagai informasi, belakangan muncul dorongan untuk mengadakan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar. 

Salah satu tujuannya untuk menggantikan Airlangga Hartarto sebagau ketum Golkar. Hingga saat ini, baru ada dua nama yang disebut siap menggantikan Airlangga sebagai ketum Golkar yakni Luhut Binsar Panjaitan dan Bahlil Lahadalia. 

Di sisi lain, JK sendiri menolak adanya wacana munaslub yang akan dilakukan jelang Pilpres 2024. Menurutnya, munaslub pada saat-saat seperti ini hanya akan menurunkan marwah Partai Golkar. 

“Sangat tidak setuju, karena itu akan lebih menurunkan marwahnya Golkar,” ungkap JK.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Berbeda dengan Golkar, JK Bilang Jadi Ketum PDIP dan NasDem Tak Butuh Modal Rp500 Miliar”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya